Peristiwa

Dankodiklatal : Perwira Remaja Harus Terus Belajar Agar Jadi Perwira TNI AL Profesional

Teks foto : Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat pada acara pembekalan kepada siswa Pendidikan Perwira Pertama (Dikmapa)

Surabaya, 27 Desember 2021,– Dengan berakhirnya pendidikan ini, bukan berarti proses belajar saudara telah selesai, karena apa yang diperoleh selama pendidikan di sini, masih memerlukan pengembangan dan pemantapan lebih lanjut, oleh sebab itu sebagai perwira remaja teruslah belajar dan belajar agar jadi Perwira TNI AL Profesional.

Demikian disampaikan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat pada acara pembekalan kepada siswa Pendidikan Perwira Pertama (Dikmapa) TNI Angkatan Laut Angkatan XXVIII TA 2021 Korps Teknik dan Khusus sebelum penutupan pendidikan bertempat di gedung Martadinata Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin, (27/12).

Lebih lanjut disampaikan Dankodiklatal bahwa pendidikan di Kodiklatal ini merupakan penyiapan sumber daya manusia (SDM) TNI AL yang profesional, modern dan tangguh yang juga merupakan program prioritas utama Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, sejalan dengan visi nasional untuk memajukan bangsa indonesia melalui peningkatan keunggulan SDM-nya.

Dankodiklatal berharap kepada perwira muda tidak cukup hanya sekedar tahu lingkungan penugasannya, namun juga harus mengikuti perkembangan lingkungan strategis yang dinamis dan sulit diprediksi, situasi kondisi nasional terkait perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

“Kalian dididik oleh negara melalui TNI AL untuk mengamanakan laut yuridiksi nasional yang begitu luas, oleh sebab itu teruslah belajar dan belajar dengan mengisi diri karena pendidikan yang kalian terima di Kodiklatal masih dasar saja yang perlu pengembangan lanjutan setelah dari sini“ harap Dankodiklatal.

Menurutnya dengan berakhirnya pendidikan ini, bukan berarti proses belajar saudara telah selesai, hendaknya terus meningkatkan kemampuan menjadi perwira TNI AL yang bermoral, profesional dan berani dengan mengubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang senantiasa dituntut untuk berpegang teguh pada kode etik perwira TNI yaitu budi bhakti wira utama, sehingga status strata keperwiraan tidak hanya terlihat dari pangkat, namun juga dari karakter dan tindakan keseharian.

Hadir dalam penutupan tersebut Wadan Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik, para Komandan Puslat dan para Komandan Pusdik dibawah Kodikdukum. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close