Peristiwa

Istigosah, Arak Arakan Tumpeng Raksasa Dan Wayang Kulit Meriahkan Sedekah Bumi Dusun Delik Wetan

teks foto : Arak Arakan Tumpeng Raksasa

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan rizki dari hasil bumi yang telah diberikan oleh Tuhan Yang maha esa (Allah SWT) dan juga sebagai bentuk pelestarian adat istiadat warga Dusun Delik Wetan Desa Delik Sumber Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Menggelar Sedekah Bumi. Jum’at (17/05/2024).

Dengan guyup rukun seluruh warga berkumpul di depan balai dusun untuk berdoa bersama dengan membawa nampan berisi aneka macam hasil bumi yang kemudian saling bertukar isi nampan tersebut.

Rumadi selaku Ketua pelaksana menjelaskan bahwasanya pada kegiatan sedekah Bumi kali ini kami bersama seluruh warga memulainya dengan acara Istigosah berdoa bersama sama pada Kamis malam (16/05/2024) dan di puncak acara warga akan melakukan arak arakan tumpeng raksasa yang akan diarak keliling dusun secara bersama sama, jelasnya.

“Tidak hanya itu Usai arak arakan pun pada malam harinya kita akan meramaikannya dengan pagelaran wayang kulit bersama Ki Dalang Johan Sulilo dari Sidoarjo”, imbuhnya.

“Saya mewakili kepala dusun dan juga seluruh penitia pelaksana sedekah bumi Dusun Delik Wetan mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah sangat mendukung baik segi materi maupun tenaga sehingga kegiatan tradisi sedekah Bumi ini bisa berjalan dengan baik dan lancar”, ungkap Rumadi selaku ketua pelaksana.

Rumadi berharap dengan kita tetap menjaga dan melestarikan tradisi ini semoga kita semua warga Dusun Delik Wetan selalu dalam perlindungan Allah SWT dan selalu diberikan rizki yang melimpah dari hasil bumi yang kita tempati ini, harapnya.

“Semoga Warga Dusun Delik Wetan bisa selalu guyup, rukun sehingga tradisi ini bisa terus kita laksanakan tiap tahun dengan semakin meriah”, pungkasnya. (Wan

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close