Peristiwa

Siswa Diktukpa Angkatan LII dan Diktupakat Angkatan II TNI AL TA 2022 Mendapat Pembekalan Dari Kasal

Teks foto : Kasal membekali Siswa Diktukpa Angkatan LII dan Diktupakat Angkatan II TNI AL TA 2022

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – H-1 pelaksanaan Prasetya Perwira (Praspa) Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan LII,dan Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktupakat) Angkatan II TNI AL TA 2022, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memberikan pembekalan kepada Siswa Diktukpa dan Diktupakat yang digelar di Gedung E. H. Thomas Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis, (20/10/2022).

Hadir dalam pembekalan yang berlangsung secara virtual tersebut tersebut, Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono dan pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, Inspektur Kodiklatal, Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapokgadik), para Direktur, para Komandan Kodik dan Komandan Pusdik di jajaran Kodiklatal.

Mengawali pembekalannya Kasal menyampaikan bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, saat ini merupakan kunci sukses dalam membangun kejayaan angkatan laut, yang juga menjadi prioritas utama dari sembilan program prioritas Kasal.

Lebih lanjut Kasal mengatakan, transformasi menjadi perwira merupakan momen istimewa yakni perubahan status dari bintara menjadi perwira, karena menjadi perwira merupakan prestasi yang membanggakan sekaligus harus disyukuri sebagai Rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu menjadi perwira merupakan titik awal untuk merubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak sesuai dengan kode etik perwira TNI.

Kasal juga menyampaikan bahwa perubahan strata pangkat juga menjadi perubahan status sosial hal ini haruslah tetap bergaya hidup sebagai prajurit yaitu Prasaja, jujur dan irit. Selain itu agar sebagai perwira juga menjadi pemimpin yang memiliki beban tugas, wewenang dan tanggung jawab berupa moril, terhadap keluarga, anak buah dan lingkungan. Sebagai perwira juga dituntut untuk berani mengambil inisiatif, inovatif dan tampil secara positif serta mampu menjadi teladan bagi lingkungannya.

Berikutnya Kasal menyinggung tentang pembinaan keluarga yang menjadi landasan penting dalam menciptakan keluarga harmonis, sebagai salah satu kunci sukses karier seorang perwira dimana diantaranya yakni keberadaan istri yang selalu mendampingi suami , dan menjaga keluarga dari perilaku menyimpang dan melawan hukum.

Pembekalan diikuti 1.069 orang siswa, yang terdiri dari 684 orang siswa Diktukpa LII dengan rincian 131 orang Siswa Korps Pelaut, 91 orang Siswa Korps Teknik, 49 orang Siswa Korps Elektronika, 99 orang Siswa Korps Suplai, 133 orang Siswa Korps Marinir, 44 orang Siswa Korps Khusus Informatika, 38 orang Siswa Korps Khusus Umum, 61 orang Siswa Korps Kesehatan, dan 38 orang Siswa Korps Pomal.

Sedangkan 385 orang sisanya merupakan Siswa Diktukpakat Angkatan II TA.2022 dengan rincian Korps Pelaut 144 orang , Korps Teknik 55 orang , Korps Elektronika 27 orang, Korps Suplai 36 orang, Korps Marinir 62 orang, Korps Khusus Informatika 7 orang, Korps Khusus Umum 10 orang, Korps Kesehatan 18 orang, serta Korps Pomal 26 orang. (Pen Kodiklatal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close