Politik

Qosim-Alif Gulirkan Program Untuk Pemberdayaan Ekonomi Ummat

Teks Foto : Cawabup pasangan QA, Dokter Alif didampingi Ketua Yayasan Himmatun Ayat, KH  Abdul Kholiq. Secara khusus, KH Abdul Kholiq saat bersilaturahmi ke yayasan tersebut.

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Untuk memperkuat perekonomian umat, pasangan Qosim-Alif diminta membuat program pembentukan bank wakaf seperti yang dicanangkan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin. Dengan demikian, program perekonomian umat tidak hanya di tingkat ritel dan toko gelontong namun juga menjadi sebuah korporasi.

Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Himmatun Ayat, KH  Abdul Kholiq. Secara khusus, KH Abdul Kholiq mengapresiasi program yang disampaikan Qosim-Alif. Program itu  yakni pemberdayaan melalui keterampilan di bidang UMKM mulai dari pembuatan produk, quality kontrol, pengemasan hingga pemasaran.

Pemasaran perlu dibentuk jaringan, karena  sebab selama ini produk yang dihasilkan kesulitan akses pasar. “Jadi istilahnya belum naik kelas, hanya terdistribusi di tetangga dan toko toko kelontong,” bebernya.

Dikatakan, guna membangun ekonomi Ummat, Abdul Kholiq menyarankan Qosim dan Alif nanti bila telah terpilih memjadi Bupati dan Wakil Bupati untuk membentuk Bank Wakaf aeperti yang telah dicanangkan Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.  

“Seperti di yayasan Kami, ada yang wakaf kambing 5 ekor, sekarang sudah mencapai 50 ekor dan telah kami bagikan kepada yang berhak. Konteks wakaf ini bukan hanya wakaf untuk pembangunan masjid dan gedung madrasah, namun lebih kepada wakaf aset ekonomi,” Sarannya.

Lebih jauh Kholiq memberikan contoh wakaf yang bisa membantu ekonomi ummat yang masih lemah. Di antaranya salah satu yayasan lembaga pendidikan mengelola aset wakaf sebuah hotel. Sehingga keuntungan dari layanan hotel tersebut dipakai untuk membiayai Operasional pendidikan tersebut termasuk menggaji guru-gurunya.

“Contohnya lagi Malaysia itu punya aset wakaf kebun sawit sekian ribu hektar dari mantan perdana menteri Malaysia Mahatir Mohammad untuk disalurkan kepada yayasan yatim piatu disana, Lha model seperti ini kalau diterapkan Oleh Mas Alif dan Pak Qosim di Gresik akan sangat bagus sekali, hanya saja model wakaf seperti ini belum populer,” cerita Abdul Kholiq yang juga terlibat dalam forum yayasan panti asuhan se Kabupaten Gresik.

Saat bersilaturahmi ke Yayasan Himmanatu Ayat, Calon Wakil Bupati Gresik pasangan QA, Dokter Alif  berkomitmen untuk memberdayakan ekonomi umat, khususnya kalangan yang perlu mendapat perhatian khusus seperti janda single parent dan anak yatim. Sebab selama ini masih banyak yang belum mendapatkan akses ekonomi.
“Dalam program saya bersama Pak Qosim mencanangkan program pendidikan untuk anak yatim dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi,” bebernya.

Kemudian bagi Ibu-ibu janda single parent Alif mencanangkan pendampingan dengan keterampila di bidang UMKM mulai dari pembuatan produk, quality kontrol, pengemasan hingga pemasaran.
“Produk UMKM dari Ibu-ibu kami buatkan akses Pasar ke ritel modern. Jadi kami buat regulasi pasar modern di Gresik seperti tenant di Mall-mall dan Alfamart Indomaret untuk menyerap produk UMKM. Tentu akan kami dampingi agar produk UMKM yang dihasilkan Ibu-ibu bisa sesuai standar pasar modern tersebut,” ulasnya.

Dokter Alif mengaku mendapatkan ilmu yang berharga dari KH Abdul Kholi selakuk Ketua Ketua Yayasan Himmatun Ayat.  “Ini sekaligus saya menyerap ilmu dari Bapak Abdul Kholiq, sebelumnya hal seperti ini belum terpikirkan. Model bank wakaf bisa kita sinergikan dengan program menyekolahkan anak yatim dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi yang kami canangkan,” kata Dokter Alif.

Dikatakan, dirinya saat ini memimpin yayasan lembaga pendidikan yang menaungi TPQ dan Madin tinggalan orang tuanya, sehingga sedari awal bidang pendidikan Islam dan pemberdayaan ummat menjadi salah satu prioritasnya. “Insyaallah bila diijabai oleh Allah memimpin Gresik apa hang kami serap dari Bapak Abdul Kholiq dan yayasan ini akan Kami realisasikan,” harap Dokter Alif. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close