Politik

DPRD Gresik, Hj. Ifta Hidayati Sosialisasikan Dua Perda pada Sosper Tahap IV Tahun 2024

Teks foto : Hj. Ifta Hidayati Sosialisasikan Dua Perda pada Sosper Tahap IV Tahun 2024

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Sosper Tahap IV Tahun 2024 Hj. Ifta Hidayati sosialisasikan peraturan daerah (Perda) Kabupaten Gresik Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pemberdayaan Masyarakat menuju desa mandiri dan Perda Nomor. 7 Tahun 2021 tentang Desa wisata, Minggu (28/04/2024).

Anggota komisi 1 DPRD Gresik Hj. Ifta Hidayati, SE yang kerap akrab dipanggil Neng Ifta tersebut menjelaskan, Pemberdayaan masyarakat menuju desa mandiri adalah upaya yang dilakukan untuk memberikan kekuatan dan keterampilan kepada masyarakat desa agar dapat mengelola sumber daya dan potensi yang ada di desa mereka dengan baik.

“Tujuan dari pemberdayaan masyarakat itu sendiri, agar masyarakat desa dapat mandiri secara ekonomi, sosial, dan politik sehingga kesejahteraan masyarakat bisa terjamin”, ujar Neng Ifta

Sementara Camat Kedamean Irwanto, S.T. selaku narasumber menyampaikan peraturan daerah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Desa wisata yang mana Desa wisata itu merupakan sebuah konsep pengembangan daerah yang menjadikan desa sebagai destinasi wisata melalui Tanah Kas Desa (TKD) dengan dikelola oleh BUMDES..

“Pengelolaan seluruh daya tarik wisata yang tepat dengan harapan dapat memberdayakan masyarakat desa itu sendiri yang sesuai dengan prinsip utama dalam desa wisata, yaitu desa membangun”, ujarnya.

“Dalam perda no 7 tahun 2021 tentang desa Wisata dan Perda nomor 2 tahun 2021 tentang desa mandiri ini sebenarnya saling berhubungan yang mana kedua Perda tersebut bertujuan untuk membangun desa demi kesejahteraan seluruh masyarakat di desa masing-masing”, ungkap Camat Kedamean Irwanto.

Irwanto menegaskan bahwa sebuah Desa wisata akan bisa berkembang bila mana dikelola dengan baik. Bagaimana cara mengelola dengan baik itu sendiri harus ada inovasi dan inovatif sehingga Desa wisata bisa terus berkembang, tegasnya.

Dengan menjadi Desa mandiri dan didampingi dengan Desa wisata yang terus berkembang maka Masyarakat di desa bisa menjadi sejahtera, tandasnya. (ADV/Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close