Peristiwa

Mantapkan Langkah Sebagai Perwira, Dankodiklatal Berikan Pembekalan Diktukpa TNI AL Angkatan 53

Teks foto : Dankodiklatal Berikan Pembekalan Diktukpa TNI AL Angkatan 53

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Guna memantapkan langkah sebagai Perwira sebelum dilantik oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan ke-53 TA 2023 menerima Pembekalan dari Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah bersama Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal, Ny. Ayu Nur Alamsyah, bertempat di Gedung Moeljadi Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Jumat (03/11/2023).

Pembekalan diikuti oleh 397 peserta yang terdiri dari 180 Istri para Siswa dan 217 Siswa Diktukpa TNI AL Angkatan 53 yang meliputi, 43 orang Korps Pelaut, 34 orang Korps Teknik, 23 orang Korps Elektronika, 22 orang Korps Suplai, 25 orang Korps Marinir, 18 orang Korps Pomal, 34 orang Korps Kesehatan, 14 orang Korps Khusus, dan 4 orang Korps Hukum.

Dalam pembekalannya, Komandan Kodiklatal menyampaikan bahwa keberhasilan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Laut, ditentukan oleh kemampuan organisasi secara menyeluruh terutama kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai pengawak organisasi yang siap menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta perkembangan global dan regional. Hal ini sesuai dengan komitmen TNI Angkatan Laut yang berkelas dunia (World Class Navy).

Selain itu juga dijelaskan bahwa, untuk mendukung terwujudnya visi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang didukung oleh visi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan TNI, serta mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Pemimpin TNI Angkatan Laut menetapkan Visi TNI Angkatan Laut yaitu: Terwujudnya TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat.

“Tujuan Pendidikan Pembentukan Perwira adalah membentuk dan mengembangkan Bintara TNI AL terpilih, berprestasi yang memenuhi syarat menjadi Perwira, memiliki sikap perilaku sebagai prajurit profesional pada penugasan di lapangan baik bidang teknis maupun taktis sesuai dengan kemampuan dan profesinya”, jelas Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah.

Sementara itu, Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal, Ny. Ayu Nur Alamsyah dalam pembekalannya kepada para Istri Diktukpa TNI AL menyampaikan tentang tugas dan tanggung jawab sebagai istri TNI Angkatan Laut (Jalasenastri), yang dalam menjalankan perannya ada tiga hal yakni Jalasenastri sebagai Ibu rumah tangga dan Wanita TNI AL serta wanita karier di luar Institusi TNI AL.

“Sebagai Jalasenastri harus bisa menjaga sikap dan loyalitas terhadap organisasi Jalasenastri, paham teknologi, bijak dalam bermedia sosial (Medsos) dan memiliki etika yang baik dalam bersikap, berbusana dan berorganisasi serta tidak bergaya hidup hedonis atau konsumtif”, ungkap Ny. Ayu Nur Alamsyah.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono, Irkodiklatal Brigjen TNI Marinir Amir Faisol, Kapokgadik Brigjen TNI Marinir Sarjito, Para Direktur dan Para Dankodik di jajaran Kodiklatal, serta Pejabat Kodiklatal lainnya, dan para Pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal. (Pen Kodiklatal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close