Peristiwa

Wabup Gresik Puji Sosok Kepemimpinan Kyai Tumenggung Poesponegoro Yang Patut Diteladani

Teks foto : Wabup Gresik saat hadir di Haul Kyai Tumenggung Poesponegoro

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Haul Bupati pertama Gresik KT (Kyai Tumenggung) Poesponegoro digelar di komplek makam Poesponegoro, Minggu (13/8/2023) pagI. Haul ke-304 ini dihadiri ratusan masyarakat di area makam bupati pertama Gresik tersebut.

Tampak dalam suasana penuh khidmat dan doa bersama itu dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah (Bu Min).

Dalam kesempatan itu Bu Min meminta kepada masyarakat Gresik agar tidak melupakan leluhur. Apalagi itu pemimpin Gresik yang sudah berkontribusi besar bagi pengembangan Kota Santri ini.

Dengan terselenggaranya Haul ini juga masyarakat Gresik sepatutnya mengenal, bahkan bisa meneladani sosok KT Poesponegoro ini.

Menurut Bu Min, KT Poesponegoro juga merupakan salah seorang ulama tersohor yang ada di Gresik pada masanya.

“Beliau selain Bupati pertama, juga merupakan salah seorang ulama. Dari keteladanan beliau menjadi sebuah inspirasi bagi pemerintahan saat ini,” ujar Bu Min.

Dari kepemimpinan KT Poesponegoro yang agamis, namun ada sisi lain yang sangat luar biasa. Yakni dengan adanya
keberagaman dan toleransi yang tinggi di Gresik.

“Beliau (KT. Poesponegoro) berlatar belakang ulama, namun sikap kepemimpinan beliau menjadikan Gresik dikenal dengan keberagaman dan toleransinya yang tinggi. Ini juga menjadi salah satu budaya yang hingga kini tetap bertahan,” kata Bu Min.

Wakil Bupati perempuan pertama di Gresik itu juga menyempatkan diri berdoa di dalam makam Bupati pertama Gresik itu serta menaburkan bunga. Didampingi para pengurus yayasan dan panitia Haul. “Kami akan terus mendukung  melestarikan peninggalan dan  warisan budaya peninggalan Poesponegoro di area makam ini,” imbuhnya. (iis/ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close