Peristiwa

Bangkitkan Literasi Melalui Musikalisasi Puisi, Bupati Gresik Bacakan Puisi Karya Panji Sakti

Teks foto : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat baca puisi

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani berkesempatan membacakan puisi karya penyair ternama, Panji Sakti. Hal itu dilakukan Gus Yani (sapaan akrab Bupati Gresik) saat menghadiri Festival Musikalisasi Puisi Gresik 2024 berlangsung meriah dengan kehadiran. 

Keterlibatan Bupati Gresik dalam membacakan puisi karya Panji Sakti menambah kemegahan acara ini, menjadikan sebuah momen yang tidak terlupakan dalam perayaan seni dan budaya di Gresik. Puisi yang dibacakan merupakan gambaran suasana dan surga kuliner di Kabupaten Gresik.

Festival Musikalisasi Puisi Gresik 2024 ini sekaligus menjadi bagian dari perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diadakan oleh Dewan Kebudayaan Gresik (DKG) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparekrafbudpora).

Dalam sambutannya, Gus Yani menyampaikan pesan pentingnya budaya membaca dan menulis bagi generasi muda. “Membaca adalah fondasi utama dalam menciptakan karya tulis yang berkualitas. Saya berharap, semangat membaca dan menulis ini dapat menjadi bagian dari keseharian anak-anak kita,” ujar Gus Yani, yang juga mengucapkan selamat kepada para pemenang.

Sementara itu Penyair Panji Sakti mengaku, baru kali ini lagu Pada Mu Nur berkolaborasi dengan orang lain dan langsung berduet dengan Bupati Gresik.

“Terima kasih sudah membacakan puisi ini. Puisi ini bikinnya tadi siang mendadak. Gresik ini bikin ide-ide saya topcer, apa mungkin karena makanannya yang enak ya,” ujar Panji Sakti saat menyampaikan rasa kagumnya terhadap kota ini, terutama pada kulinernya.

Sebagai tambahan informasi, Festival Musikalisasi Puisi Gresik 2024 bukan hanya sekadar ajang kompetisi, melainkan juga momen untuk merayakan kreativitas dan semangat literasi serta keindahan karya sastra di tengah masyarakat Gresik. 

Sebelum malam puncak yang berlangsung pada tanggal 15 Agustus 2024, terdapat masa penjurian dari tanggal 2-3 Agustus 2024 di Gedung Nasional Indonesia (GNI) ini menyedot perhatian masyarakat Gresik. Kompetisi musikalisasi puisi tersebut diikuti oleh 30 kelompok pelajar tingkat SMP dan SMA dari seluruh kabupaten.

Mereka  berlomba memperebutkan Piala Bupati Gresik. Setelah melalui proses seleksi ketat di tiga wilayah utara, tengah, dan selatan, maka sembilan finalis terbaik tampil di babak final pada 13-14 Agustus 2024. Juara pertama berhasil direbut oleh SMP Negeri 26 Wringinanom Gresik untuk kategori SMP, sementara SMA Muhammadiyah 1 Gresik dinobatkan sebagai juara pertama kategori SMA. (ysm)

Berikut adalah puisi yang diciptakan Panji Sakti saat berada di Gresik Duhai nur yang nur
Ini aku tiba tiba rindu padamu
Tapi mesti bukan aku rindu
Mestilah kau yang melulu
Rindu dikenali
Rindu ditemui
Duhai Nur yang Paling Nur
Maafkan aku yang belum bisa menjadi perangkatmu
Yang pandai menyeru nama nama kegemaranmu
Kau saja rajin memanggilku berulang ulang
Mengingatku untuk bersiap pulang
Semoga kau sudi merawat rindu ini dalam diriku
Dan selamatkan aku dari rasa rindu
Yang tak bermuara padamu
Panji Sakti. (Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close