Peristiwa

Ucap Syukur, Warga Dusun Dumpi Gelar Sedekah Bumi, Ini Harapan Kades Nuriyanto

Teks foto : Warga Dusun Dumpi Gelar Sedekah Bumi,

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Tradisi sedekah bumi tidak hanya menjadi kearifan lokal yang masih mengakar di kehidupan masyarakat Dusun Dumpi, Desa Dumpiagung, Kecamatan Kebangbahu, Kabupaten Lamongan.

Tidak heran bila tahun ini sedekah bumi yang dikemas menjadi rangkaian budaya jawa dengan hiasan gunungan hasil bumi serta ditandu dari dusun Dumpi dan terpusat di Balai Desa Dumpiagung. Senin, (25/09/2023) pukul 12.30 Wib.

Sedekah bumi sengaja digelar sederhana namun warga dumpi terlihat semangat dan guyub rukun. Selain adanya gunungan setinggi 3 meter yang berisi hasil bumi Polo pendem juga terlihat gunungan buah – buahan dan sayur – sayuran dan jajan pasar, tak ketinggalan warga setempat juga membawa tumpeng yang dikemas sedemikian rupa ditampah dengan berbagai masakan tradisioanal.

“Kemasan Sedekah bumi tahun ini sengaja dibuat sederhana. Selain wujud rasa syukur atas berkah melimpahnya sumber daya alam bumi Dusun Dumpi juga untuk mempererat silaturahmi, mempersatukan warga melalui sedekah bumi dan sodakoh ini,” kata Kasun H.Anik Susilawati secara singkat.

Gunungan ditandu kebalai desa sebelum akhirnya jadi rebutan warga. Sementara itu, Prosesi sedekah bumi diawali dari gunungan yang diberangkatkan dari dusun Dumpi menuju Balai desa Dumpiagung.

Sementara itu, Kades Nuriyanto yang tampak berwibawa mengenakan busana muslim dan memakai peci hitam dan mendoakannya serta tidak bisa menyembunyikan rasa harunya atas kekompakan warga masyarakat dusun Dumpi.

Saat ditemui awak media Kades Nuriyanto mengaku, “Saya sangat terharu dengan kekompakan warga Dusun Dumpi, untuk itu saya doakan kepada sang pencipta agar seluruh warga dusun Dumpi bisa selalu guyub rukun, makmur, sehat tentram dan sejahtera,” pintanya.

Lanjut Kades Nuriyanto,” Selain sebagai ucap syukur terhadap sang pencipta, kegiatan ini juga untuk menumbuhkan partisipasi Masyarakat akan kekompakan dan gotong royong membangun Desa Dumpiagung, serta bisa mengangkat Citra Desa dengan harapan UMKM yang ada di Desa Dumpiagung bisa tumbuh lebih baik,” harapnya.

Prosesi sedekah bumi masih berlanjut. Diarea balai desa yang cukup teduh nan asri puluhan warga berkumpul, sambil menikmati sajian tumpeng dan masakan tradisional yang dibawa dari rumah yang dirangkai pada wadah tampah, doa dipanjatkan sebelum tumpeng, makanan dan jajanan polo pendem dinikmati bersama-sama. Penuh kehangatan dan guyup rukun menikmati keberkahan.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close