Peristiwa

Menambah Elok Keindahan Desa, Babinsa Koramil Panceng Bersama Warga Bangun Gapura

Teks foto : Babinsa Koramil 0817/14 Panceng bersama masyarakat membangunan gapura

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Kegiatan karya bhakti, Babinsa Koramil 0817/14 Panceng bersama masyarakat membangunan gapura tugu batas Desa Serah dan Desa Sukodono Kec. Panceng Kab. Gresik. Minggu (11/12/2022).

Gapura merupakan komponen pertama yang dilihat ketika memasuki suatu wilayah. Dengan gapura, citra muka suatu area dirancang menambah elok batas wilayah atau desa.

Selain itu, gapura juga bisa diartikan sebagai garis batas wilayah dan sekaligus menjadi penanda hidupnya identitas kultural sebuah komunitas atau penduduk didalamnya sehingga status ekonomi bisa ditangkap lewat pandangan gapura.

Sertu Suyanto salah satu Babinsa yang ikut dalam karya bhakti pembangunan gapura mengatakan,”Gapura merupakan bangunan yang memiliki fungsi dan arti tersendiri, selain menjadi batas dan sebagai pintu gerbang masuk wilayah atau desa.”katanya.

“Menurut tradisi, gapura merupakan wujud ungkapan selamat datang kepada tamu yang akan berkunjung ke wilayah atau desa.”imbuhnya.

Salah satu warga Dusun Sukodono, yang ikut karya bhakti pembangunan gapura, Bapak Suryono mengungkapkan bahwa suatu kebanggaan apabila dibangun gapura batas desa.

“Dibangunannya gapura akan menambah keindahan desa dan juga jadi identitas desa. Dengan begitu, bisa lebih mudah memberitahukan kepada anak cucu bahwa di tiap-tiap desa mempunyai batas gerak atau perbatasan dengan ditandai oleh bangunan gapura.”ungkap Bapak Suryono.

“Sebagai warga, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Babinsa yang ikut turun langsung membantu dalam pembuatan gapura. Dengan adanya Pak Babinsa bisa memberi motivasi semangat warga bersama-sama membangun desa jadi lebih baik dan lebih indah.”pungkasnya.(Pen0817).

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close