Peristiwa

Ekspedisi Kapal Finisi Jelajah Nusa
Diikuti 15 Wartawan Jatim.

Teks foto : Ekspedisi Kapal Finisi Jelajah Nusa Diikuti 15 Wartawan Jatim.

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Ekspedisi kapal finisi Jelajah Nusa 2022 berlayar dari Surabaya, Senin 14/3/2022 dari dermaga Gapura Surya Nusantara.  Kegiatan ekspedisi itu mengunjungi pulau pulau kecil di wilayah kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Upacara pelepasan ekspedisi kapal finisi ini dilakukan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadis Budpar) Jatim, Sinarto.

Pada kesempatan itu, Sinarto mengatakan potensi wisata bahari di Jatim tidak kalah elok dengan daerah lainnya dan perlu dikembangkan. Untuk itu, ekspedisi Jelajah Nusa diharapkan menjadi titik awal pengembangan obyek wisata bahari  di Jawa Timur.  Sebab,  selama ini kegiatan wisata bahari ini belum tersentuh,” jelasnya.

Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim turut melepas tim ekspedisi yang juga diikuti oleh 15 wartawan, pemandu wisata,  dan pengusaha wisata.  Ia berharap ekspedisi ini bisa dijadikan pemicu agar stakeholder pariwisata dan bisa turut berpartisipasi aktif mengembangkan wisata bahari Jawa Timur. 

Di pantai Sembilan, pulau Gili Genting banyak dikunjungi turis. Namun sayang  belum ada hotelnya. Ini peluang investasi,” jelasnya.

Sementara itu, GM Pelabuhan Tanjung Perak, Dhany Rahmad mengatakan, kehadiran kapal finisi yang sudah empat tahun direncanakan oleh Pelra dan Pelindo. Ia berharap kegiatan ini akan menjadi triger pengembangan wisata bahari Jawa Timur.

“Apresiasi untuk Pelra yang berupaya keras mendatangkan kapal tradisional dari Labuan Bajo dan Pemprov Jawa Timur,” jelas Dhany.

Ekspedisi ini yang semula akan diberangkatkan awal Maret 2022. Dengan  pertimbangan cuaca, akhirnya ditunda demi keselamatan pelayaran. Ekspedisi ini diadakan sekaligus memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Waktu pelayaran ekspedisi ini direncanakan selama 4 hari, 3 malam. Obyek wisata yang dikunjungi antara lain, pulau Gili Iyang, Gili Genting, Kangean, Salarangan,  Sitabok dan berakhir di Bangsring, Banyuwangi.

Saat acara pelepasan ekspedisi kapal finisi ini juga hadir Ketua DPD Pelra Jatim &Bali, Salehwangen Sahib, Wakil ketua dari Dishub Jatim, Dinas Kelautan dan Perikanan, Kominfo, Syahbandar Utama dan Otoritas Tanjung Perak, SAR, pengurus Forum Komunikasi Masyakat Boneraya (FKMBR) serta BPBD Jawa Timur. (Yous)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close