Peristiwa

Komandan Kodklatal Melantik dan Menyumpah Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL Putra Daerah Papua Angkatan ke-1 TA 2020

Teks foto : Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat menutup sekaligus melantik dan menyumpah program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Prajurit Karier (PK) TNI AL putra daerah Papua Angkatan ke-1 TA 2020,
 
SORONG PAPUA, DORRONLINENEWS.COM – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat menutup sekaligus melantik dan menyumpah program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Prajurit Karier (PK) TNI AL putra daerah Papua Angkatan ke-1 TA 2020, Rabu (25/11/2020)
 
Penutupan pendidikan yang dilaksanakan di lapngan Satuan Pendidikan (Satdik) III Kodiklatal Sorong tersebut diikuti 200 prajurit dengan rincian 100 prajurit siswa Dikmaba dan 100 prajurit siswa Dikmata.
 
Tampak hadir dalam acara tersebut Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto, M.Tr (Han) Danrem 171 PVT, KS Koarmada III, Danlantamal XIV Sorong, Danpasmar-3, Dansatdik-3 Kodiklatal, Dirdiklat, Dirjianbang dan Dirum Kodiklatal, Dirpolair Polda Papua Barat, Kapolres Kota Sorong Dan Kapolres Kabupaten Sorong, Walikota Sorong, Bupati Sorong Dan Ketua DPRD Kabupaten Sorong, Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Papua.
 
Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan atas nama Pimpinan TNI AL mengucapkan selamat atas pelantikan para siswa menjadi Bintara dan Tamtama TNI AL dengan pangkat Sersan Dua dan Kelasi Dua TNI AL. Semoga pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan mampu meningkatkan jiwa keprajuritan sebagai Bintara dan Tamtama TNI AL yang tanggap, tanggon dan trengginas serta berhasil mengubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak, sehingga siap dikembangkan dalam pendidikan dasar golongan lanjutan selama dua bulan sesuai kejuruan masing-masing.

Menurutnya pada peringatan 75 tahun Kemerdekaan Indonesia Tahun 2020, pemerintah telah mencanangkan tema “SDM Unggul, Indonesia Maju” yang berfokus pada peningkatan kemampuan sumber daya manusia, dan ini menjadi bagian kebijakan pertama pimpinan TNI AL memprioritaskan pembangunan SDM. Karena keberhasilan tugas Angkatan Laut tidak hanya ditentukan oleh kehebatan teknologi alutsista-nya, namun sangat bergantung pada keunggulan dan profesionalisme prajurit matra laut. Untuk itu, TNI AL harus diawaki oleh prajurit- prajurit profesional, bermoral dan berani.
 
Sebagai upaya untuk mewujudkan profesionalitas personel pengawak organisasi TNI Angkatan Laut, Kodiklatal dituntut mendidik, melatih dan menggali potensi pemuda-pemudi berprestasi dari putra dan putri daerah Papua menjadi prajurit-prajurit matra laut profesional, bermoral dan berani untuk diproyeksikan sebagai pengawak alutsista TNI AL dan satuan pendirat di wilayah timur Indonesia khususnya dijajaran Koarmada III.
 
Untuk itu Dankodiklatal meminta para siswa agar mengikuti pendidikan tahap dasar golongan lanjutan dengan baik sehingga setelah selesai pendidikan ini para siswa dapat melaksanakan tugas dengan baik di kesatuan masing-masing dalam rangka menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.
 
Sebelum mengakhiri amanat kepada Pangkoarmada III, Danpasmar III dan Komandan Lantamal XIV Sorong beserta jajarannya, Dankodiklatal menyampaikan penghargaan yang tinggi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan serta kerja samanya dalam penyelenggaraan pendidikan Ini, sehingga terlaksana pendidikan tahap dasar militer dan dasar golongan sesuai dengan rencana, dan kami tetap memohon bantuan untuk tahap dasar golongan lanjutan khususnya ketersediaan KRI sebagai sarana latihan para siswa.
 
Sedangkan kepada Komandan Satdik-3 Kodiklatal beserta seluruh jajaran staf, instruktur dan pembimbing siswa, Dankodiklatal mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas segala usaha dan kerja keras dalam pelaksanaan program pendidikan tahap dasar militer dan dasar golongan sehingga dapat berjalan dengan baik, aman dan Lancar sesuai yang kita harapkan bersama dan selanjutnya agar menyiapkan pendidikan tahap dasar golongan lanjutan guna membekali kemampuan korps kejuruannya. (Penkodiklatal/Lono)
 

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close