Peristiwa

Sesi Terakhir Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Kecamatan Menganti

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM -Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) yang di pandu oleh Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Menganti masuk pada Sesi terakhir yang dilaksanakan di pendopo balaidesa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Kamis, (17/10/2024). Malam

Sesi terakhir kegiatan Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) ini di ikuti oleh perwakilan dari lima Desa yang diantaranya Desa Sidowungu, Desa Setro, Desa Laban, Desa Pengalangan dan Desa Hulaan.

Dalam pelatihan tersebut dihadiri Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Menganti Dodik Suprayogi, Camat Menganti Bagus Arif Jauhari, Kades Pengalangan Ahyar Abdul Muthalib, Hadir pula sebagai narasumber Kepala Dinas PMD Kabupaten Gresik Drs. Abu Hasan, S.H., M.M., Kepala Bappeda Kabupaten Gresik Edy Hadisiswoyo, S.H., M.M. dan Kepala KB PP PA beserta Tim Fasilitator.

Membuka acara, Ketua AKD Kecamatan Menganti Dodik Suprayogi melaporkan bahwasanya pada malam hari ini merupakan malam pertemuan ke empat yang merupakan malam terakhir kegiatan Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender namun ini bukanlah terakhir kita melaksanakan kegiatan ini namun akan kembali dilaksanakan di masing masing Desa.

“Pada malam terakhir kegiatan pelatihan ini di ikuti oleh Lima Desa yang diantaranya Desa Sidowungu, Desa Setro, Desa Laban, Desa Pengalangan dan Desa Hulaan” terangnya.

Ketua AKD Dodik Suprayogi mengungkapkan bahwasanya kegiatan pelatihan ini kita menggunakan anggaran Dana Desa (DD) karena menurut analisa dari seluruh kepala Desa Se-Kecamatan Menganti pelatihan ini sangatlah penting termasuk pendampingan yaitu pembinanya bapak Camat Menganti.

“Perlu saya sampaikan bahwasanya kegiatan ini harus bermanfaat dan bermanfaat sekali ketika masyarakat bisa tahu persis bagaimana cara perencanaan dan penganggaran ini melalui responsif gender yang mana akan di isi oleh para narasumber dari Dinas”, ujar Ketua AKD Kecamatan Menganti Dodik Suprayogi.

“Narasumber yang pertama akan diisi oleh kepala Dinas PMD Kabupaten Gresik Drs. Abu Hasan, S.H., M.M., kemudian Kepala Bappeda Kabupaten Gresik Edy Hadisiswoyo, S.H., M.M. dan Kepala KB PP PA beserta Tim Fasilitator”, imbuhnya.

Dodik Suprayogi juga memberikan kesempatan kepada seluruh peserta untuk menyampaikan uneg-uneg dan di catat mana yang menguntungkan atau yang lebih baik untuk Desanya masing masing, pungkasnya.

Sedangkan Camat Menganti Bagus Arif Jauhari mengucapkan banyak terimakasih kepada PPDI Kecamatan Menganti atas sumbangsih dan kerja kerasnya dalam melaksanakan kegiatan ini tak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah hadir dalam kegiatan pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender ini.

“Alhamdulillah atas kebersamaan kita semua acara ini bisa terlaksana dan semoga acara ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa memberikan manfaat bagi kita semua”, ucapnya.

Camat Bagus menyampaikan bahwa dalam acara ini kita semua akan diberikan wawasan tentang apa yang dimaksud perencanaan dan penganggaran keuangan yang responsif gender agar tidak multitafsir .

“Diharapkan apapun informasi yang telah didapatkan pada malam hari ini silahkan di terapkan di Desanya masing-masing dan untuk secara garis besar semua sudah melaksanakan kegiatan tersebut namun secara detail dan output dengan adanya materi ini agar bisa di perpanjang dan di perjelas”, harapnya

“Mari kita simak dengan baik dan bila ada hal yang tidak mengerti bisa lngsung ditanyakan kepada para narasumber”, imbuhnya.

Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender secara resmi bisa dimulai, tutupnya. (R_wan)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close