Peristiwa

Penghormatan Kepada Pahlawan Tanah Air, Dankodiklatal Ikuti AKRS HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM -Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menghadiri Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) yang dipimpin Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) K.H. Ma’ruf Amin, di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata Jakarta, pada Jumat (17/8/2024) dinihari.

Acara yang digelar tepat pada pukul 00.00 WIB tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024.

Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin terlebih dahulu melakukan penghormatan di Gerbang TMP Kalibata. Selanjutnya, berjalan menuju area upacara dengan didampingi oleh Komandan Garnisun Tetap I/Jakarta Brigjen TNI Edi Saputra memasuki pintu gerbang TMP Kalibata dan selanjutnya menuju tempat upacara.

Upacara dimulai dengan diawali laporan Komandan Upacara (Danup) Kolonel Marinir Achmad Hadi Al-Hasny kepada Wapres selaku Inspektur Upacara. Selanjutnya Wapres RI membacakan naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

“Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, kami yang hadir pada hari ini, Sabtu tanggal 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WIB, pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam ini, sebanyak TNI dan Polri 9.301 pahlawan, badan perjuangan 930 pahlawan, tokoh nasional 76 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan, jumlah 10.350 pahlawan,” kata Wapres RI.

Lanjutnya, begitupun para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai dan di dasar-dasar lautan, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya.

Setelah pembacaan naskah AKRS, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, penyalaan obor dan doa bersama yang dipimpin Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki. Upacara diakhiri dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan dengan diiringi sangkakala lagu Last Post.

Sementara dalam waktu yang sama, Inspektur Kodiklatal (Ir Kodiklatal) Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar mewakili Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menghadiri Upacara AKRS dalam rangka Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 yang dipimpin Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Jl. Mayjen Sungkono, Surabaya. (Pen Kediklatal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close