Peristiwa

Pemdes Lowayu Dukun Apresiasi Gelaran Istimewa Karnaval Budaya Yayasan Hidayatus Salam

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Semarak Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, Yayasan Pendidikan Hidayatus Salam Gresik menggelar Karnaval Budaya di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Gresik, Kamis (22/8/2024).

Sebanyak 800 peserta yang terdiri dari para siswa/siswi tingkat Paud, TK, MI, MTs dan SMA dari seluruh lembaga pendidikan Hidayatus Salam menampilkan berbagai kreasi dan budaya pada karnaval ini.

Ketua yayasan Hidayatus Salam Ustadz Sarifudin mengatakan, selain memeriahkan HUT RI Ke-79, Karnaval ini juga menjadi ajang kreasi pelajar, tenaga pendidik, alumnus dan wali murid.

“Para peserta menampilkan kekayaan Budaya Nusantara, dengan berbagai adat istiadat berbagai daerah di Indonesia, kreasi dari bahan daur ulang, pertunjukan drum band dan teaterikal pejuang kemerdekaan,” katanya.

Ustadz Sarifudin menuturkan, sepanjang 3 km perjalanan, berbagai atraksi ditampilkan peserta memukau penonton. Setiap kelompok menampilkan keunikan masing-masing.

Ditambahkan Ustadz Sarifudin, pihaknya mengapresiasi seluruh peserta, termasuk para wali murid yang turut antusias ikut berpartisipasi demi kesuksesan pagelaran karnaval ini.

“Karnaval ini murni semangat spirit kebersamaan dan persatuan untuk memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia ke-79,” ungkap Syarifudin.

Sementara Kades Lowayu Amin Iskandar mengaku bangga dan menghaturkan banyak terima kasih atas Gelaran Spesial Karnaval Budaya persembahan Yayasan Hidayatus Salam dalam rangka turut menyemarakkan HUT RI ke-79.

“Atas nama pribadi sekaligus mewakili Pemdes Lowayu Dukun, saya sangat mengapresiasi semangat dan kreativitas Yayasan Hidayatus Salam menggelar Karnaval Budaya yang luar biasa. Semoga kegiatan positif ini dapat terus kita lestarikan sebagai edukasi semangat guyub rukun dan kebersamaan dalam merawat Budaya Nusantara,” tandas Pak Kades penuh semangat.

Terpisah, Fairuz Fatin Bahriyah salah satu wali murid dari Haidar Gibran Fairuz Atmaja kelas B Raudlatul Athfal (TK) Hidayatus Salam, turut antusias menjadi peserta karnaval ini.

Tak tanggung-tanggung, Wali murid yang juga Owner FFB Beuty ini, sengaja mengenakan kostum sosok mitos tanah Jawa untuk menyesuaikan tema yang diangkat pada karnaval ini, yaitu Bhineka Tunggal Ika.

“Kostum yang saya pakai merupakan sosok tokoh mitos penguasa laut utara yaitu Dewi Lanjar. Untuk melengkapinya saya juga menunggangi kuda jinggo pada karnaval ini,” ujar Fairuz Fatin.

Ibu satu anak yang juga alumnus SMA Hidayatus Salam mengungkap kebanggaanya dalam memeriahkan karnaval hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 ini.

Menurutnya, Karnaval ini adalah kesempatan yang baik untuk mengenal lebih dekat budaya-budaya dari berbagai daerah di Indonesia kepada anak-anak.

“Saya merasa bangga dan ikut senang bisa berpartisipasi di karnaval ini untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia Ke-79. Acara ini memberikan pengalaman berharga dalam memahami dan menghargai keberagaman Budaya Nusantara,” pungkasnya dengan nada bangga berbalut rasa syukur. (Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close