Peristiwa

Kursus Pemantapan Pengawak UAS ScanEagle Mulai Jalani Lattek Terbang

SIDOARJO, DORRONLINENEWS.COM –
Kursus Pemantapan Pengawak Unmanned Aerial System (UAS) ScanEagle yang digelar Komando Latihan Penerbangan Angkatan Laut (Kolat Penerbal) Puspenerbal memasuki tahap latihan praktek (Lattek) terbang yang digelar di Shelter Skuadron 700 Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda, Kamis (8/8/2024).

Sebelum Lattek Terbang, 21 peserta kursus ini, telah melewati dua tahap awal, yaitu klasikal gabungan dan klasikal terpisah yang terdiri dari kelas Mission Coordinator, kelas Operator dan kelas Maintainer.

Setelah tahap klasikal, dilanjutkan dengan tahapan simulator untuk menguji penerimaan materi yang diberikan dan keterampilan awal sebagai operator UAS ScanEagle.

Pada tahap latihan praktek terbang ini, peserta dibentuk dalam tim sebagai satu crew sebagaimana halnya crew penugasan. Berlokasi di shelter Skuadron 700 sebagai Launch/Recovery Site.

Peserta melaksanakan penyiapan mulai dari GCS setup, pre-flight check, mission brief, launch, flight hingga recovery dan post-flight check.

“Dengan asistensi dan bimbingan dari para instruktur, para peserta mampu melaksanakan semua prosedur penerbangan dengan baik, aman dan lancar,” terang Komandan Kolat Penerbal, Kolonel Laut (P) Moh Mashabi.

Tahap Lattek terbang lanjutnya, merupakan tahapan terakhir dari kegiatan Kursus Pemantapan Pengawak Unmanned Aerial System (UAS) ScanEagle TA. 2024 yang diselenggarakan di Kolat Penerbal sejak tanggal 15 Juli 2024 lalu. (Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close