Peristiwa

Gelar Festival Literasi, Sekda Achmad Washil Apresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Literasi menjadi bekal generasi di era teknologi saat ini. Melalui literasi juga dapat menambah kecerdasan dan membentuk generasi menjadi cerdas.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rahman saat membuka Festival Literasi yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Gedung Nasional Indonesia (GNI), Kamis (15/8/2024).

“Pemerintah Daerah (Pemda) terus menaruh perhatian secara serius. Penting dan strategisnya peran perpustakaan sebagai wadah Literasi yang mencerdaskan anak bangsa,” ungkapnya.

Pihaknya mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik. Guna membangun semangat berliterasi melalui penyelenggaraan Festival Literasi.

“Saya mengapresiasi kegiatan Festival Literasi ini. Semoga menjadi inspirasi dalam menambah ilmu pengetahuan. Program kegiatan seperti ini kiranya dapat terus dilaksanakan,” harapnya.

Dikatakan, sejauh ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik terus berbenah. Beberapa program kegiatan dalam rangka menumbuhkan minat baca masyarakat juga rutin dilaksanakan. Guna meningkatkan literasi masyarakat dan anak-anak, Dinas Perpustakaan juga kerap menyelenggarakan beberapa lomba yang diikuti para pelajar.

“Selain itu, ada salah satu inovasi Dinas Perpustakaan yang menjadi jujugan pelajar untuk berkreasi yaitu akuarium digital. Dilengkapi dengan perangkat digital akuarium ini beda dari sekedar kegiatan mewarnai,” terangnya.

Ia menambahkan, akuarium digital untuk mengembangkan konten interaktif dan menarik untuk anak-anak yang dikemas dalam konten pendidikan dan hiburan. Tujuannya agar bisa menjadi sarana informasi dan fungsi teknis interaktif yang menyenangkan bagi anak-anak.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Gresik Universal Science (GUS) dengan konsep perpustakaan digital yang akan segera dibangun di Balongpanggang bisa dimanfaatkan oleh anak anak.

“Mudah-mudahan tahun 2025 pembangunan perpustakaan digital yang berkomplek dengan masjid KH Robach Ma’shum tersebut segera selesai dan bisa dipergunakan.”pungkasnya.

Festival Literasi 2024 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik kali ini menampilkan berbagai kemeriahan. Mulai dari lomba bertutur, lomba Read Aloud dan pemilihan duta baca.

Turut mendampingi Sekda Achmad Washil, Asisten Administrasi Umum Nuri Mardiana, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Budi Raharjo beserta para kepala bidang, dan peserta lomba. (dvd/Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close