Peristiwa

KPUD Kabupaten Lumajang Gelar Sosialisasi Segmen Pemilih Disabilitas

LUMAJANG,DORRONLINENEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lumajang gencar melakukan sosialisasi terkait Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024. Salah satu fokus utama sosialisasi kali ini adalah meningkatkan partisipasi segmen pemilih disabilitas.

Dalam upaya ini, KPUD Kabupaten Lumajang telah menyiapkan berbagai program yang inklusif dan ramah disabilitas. Program-program ini dirancang untuk memastikan bahwa pemilih disabilitas mendapatkan akses yang setara dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilihan mendatang.

Ketua KPUD Kabupaten Lumajang, Henariza Febriatmadja S Sos menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menyediakan fasilitas dan layanan yang memadai bagi pemilih disabilitas. “Terkait giat hari ini yaitu sosialisasi untuk segmen disabilitas, kita menghadirkan rata-rata dari perwakilan kecamatan se-kabupaten Lumajang. Hadir disini seluruh penyandang kekurangan, ini kita sosialisasikan. Kami ingin memastikan bahwa setiap warga negara, termasuk pemilih disabilitas, dapat berpartisipasi secara penuh dalam proses demokrasi ini”, ujar Febri.

“Rata-rata pertanyaan memang mengarah ke pendampingan saat di TPS, semoga nanti KPPS perannya aktif untuk kasus-kasus disabilitas di TPS. Mulai dari pendataan awal, kehadiran itu mohon didahulukan. Yang didahulukan itu mulai dari ibu-ibu hamil serta disabilitas, kemudian yang lansia. Itu nanti kedepannya kita cek, kroscek mulai dari KPPS, PPS juga kita wajib memantau, dimonef untuk pas acara”, ungkapnya.

Masih kata Febri, “Untuk fasilitas, disabilitas kami juga menghimbau mulai dari alat peraga disabilitas mohon dicukupi di KPPS. Kami juga memantau, menganggarkan sekiranya alat-alat disabilitas di tiap-tiap TPS seluruhnya itu wajib ada. Untuk yang sakit atau lansia yang tidak bisa datang ke lokasi TPS, nanti petunjuk teknisnya improvisasi di KPPS masing-masing”, pungkas Febri.

KPUD Kabupaten Lumajang mengajak seluruh warga, termasuk pemilih disabilitas, untuk berpartisipasi aktif dalam pemilihan tahun ini. Partisipasi semua pihak sangat penting untuk keberhasilan dan legitimasi proses demokrasi di Kabupaten Lumajang, Kamis (25/07/2024). (Jwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close