Peristiwa

Kemenag Bekerjasama Dengan Berbagai Pihak Terkait Untuk Memastikan Bahwa Semua Kebutuhan Jamaah Haji Terpenuhi

LUMAJANG, DORRONLINENEWS.COM – Kementerian Agama (Kemenag) gelar Koordinasi dan Evaluasi program penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M, dalam hal ini terkait perjalanan jamaah haji tahun ini berjalan dengan lancar dan sukses. Dalam sebuah pernyataan resmi, Kemenag menyatakan bahwa pelayanan yang diberikan selama di Madinah sangat memuaskan bagi para jamaah, Selasa (23/07/2024).

Bertempat di Aula kantor Kemenag kabupaten Lumajang, kepala Kemenag kabupaten Lumajang Muhammad Muslim menyampaikan rasa syukur atas kelancaran proses ibadah haji tahun ini. “Alhamdulillah tadi kita melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 yang dihadiri Kabag Kesra, Dinas Kesehatan, Polres, Kodim, Satpol PP, Dishub, para petugas baik dari kemenag maupun dari Dinas Kesehatan serta KPIH beserta perwakilan dari jamaah”, ujar Muslim.

Kami bersyukur bahwa perjalanan jamaah haji tahun ini dapat berjalan dengan baik. Semua tahapan, mulai dari keberangkatan hingga pelaksanaan ibadah di tanah suci, berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah semua yang ada yang hadir semua mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan haji tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, baik yang berkaitan dengan pelayanan atau akomodasi, konsumsi maupun transportasi. Baik yang pelaksanaan yang dari Lumajang ke Surabaya maupun pulangnya, dari Surabaya ke Jember maupun pelaksanaan-pelaksanaan di Arab Saudi”, ungkapnya.

Kabag Kesra Faisol Melalui Muslim mengatakan, bahwa selama dirinya melaksanakan ibadah haji, dirasakan pelayanannya, konsumsinya sangat maksimal, terus hotelnya juga enak, Bagus transportasinya juga lancar waktu njemput di Madinah. “Kabag Kesra menyampaikan terima kasih kepada bapak menteri atas pelayanan ini yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain. Semua berjalan dengan maksimal, hal yang sama juga disampaikan oleh dinas kesehatan bahwa pelayanan tahun ini sangat baik”, ungkapnya.

“Hasilnya juga baik, angka kematian menurun drastis. Tahun lalu jamaah haji khusus Lumajang tiga orang meninggal, tahun ini satu orang. Secara nasional juga turun lebih dari 50 persen, itu artinya tahun ini untuk keselamatan jamaah itu jauh lebih baik. Tadi yang menyampaikan Kabag Kesra, karena beliau juga jamaah. Tentang perlindungan jamaah, kalau ada tasnya jamaah yang hilang, atau jamaahnya yang hilang itu ada yang namanya Linjam yaitu perlindungan jamaah. Itu anggotanya dari anggota kepolisian dan lain-lainnya”, jelas Muslim.

Dikatakan Muslim bahwa kehilangan mencarinya cukup cepat dan cepat kembali. “Secara keseluruhan, penilaian terhadap pelayanan haji 2024 ini sangat memuaskan. Saya selaku kepala kantor kementerian agama juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang ada, baik dari dinas kesehatan, Dishub, polisi, kodim dan semua yang terlibat. Kami sampaikan terima kasih karena kesuksesan ini adalah kesuksesan kita bersama”, pungkas Muslim.

Kemenag bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan bahwa semua kebutuhan jamaah terpenuhi. Tim kesehatan, logistik, dan penginapan bekerja tanpa lelah untuk memberikan pelayanan terbaik. Selain itu, adanya dukungan dari pemerintah Arab Saudi juga turut berperan dalam kelancaran pelaksanaan ibadah haji. Dengan kesuksesan perjalanan haji tahun ini, Kemenag berharap dapat terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas untuk jamaah haji di tahun-tahun mendatang. (Jwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close