Peristiwa

Rehabilitasi SDN Pasrujambe 05 Inspektorat Akan Panggil Pihak PPK

Teks foto : Rehabilitasi Bangunan Gedung SDN Pasrujambe

LUMAJANG, DORRONLINENEWS.COM – Menanggapi informasi beberapa masyarakat sekitar lokasi Sekolah Dasar Negeri 05 Pasrujambe, ada rehab sekolah dengan anggaran kurang lebih 190 juta rupiah. Diduga tidak sesuai RAB (Rencana Anggaran Biaya), hal itu dibuktikan dengan adanya genteng yang tidak diganti dan lantai yang tetap dengan keadaan semula.

Kepala sekolah SDN Pasrujambe 05, Asmo saat dikonfirmasi awak media mengatakan, bahwa terkait CV yang mengerjakan dirinya tidak tahu. “Pihak sekolah tidak ikut-ikut sama sekali, kami hanya tahu pas penyerahan di dinas itu tok. Kalau mau tahu masalah rehab ya langsung ke CVnya, kalau masalah anggaran ya tahunya di penyerahan itu. Anggarannya kurang dari 200 juta, kalau mau nanya langsung ke CVnya”, ungkap Asmo.

“Sempat saya nanya ke CVnya, kenapa keramiknya kok gak diganti…? memang juklaknya seperti itu katanya. Juga genteng tidak diganti karena diRABnya tidak ada, hanya rangka atas yang diganti total. Terus tembok yang dulu retak yang diperbaiki, dan saya disini ini masih baru mutasian dari SDN Karanganom 02”, ujar Asmo.

Dari hasil klarifikasi awak media ke CV yang bersangkutan, diakui bahwa rehab SDN Pasrujambe 05 adalah dirinya yang mengerjakan. “Memang genteng itu tidak ada RABnya, malah saya yang nambahi sendiri. Nilai total anggaran 198 juta, potong PP, PPH 12,5 %, jadi biayanya 174 juta sekian. Lantai ada penggantian, tambal sulam itu kalau tidak salah 6 M persegi, tapi itu sudah lebih”, ungkapnya.

“Jadi antara pembangunan dan rehabilitasi itu, kalau pembangunan baru itu semua diganti jadi membuat dari nol, kalau rehabilitasi itu bisa menggunakan bahan yang lama, misalnya kayak kayu yang masih bisa dipakai untuk kusen itu dipakai. Tapi kebetulan itu tidak bisa dipakai semua, jadi hampir sekitar 90 % kayu barunya. Tetapi kalau genteng itu mestinya 30 % itu saya malah lebih, 70 % aturannya, itu malah ndhak sampek”, tambahnya.

Pihak CV menambahkan, bahwa saat itu cepet-cepetan karena waktunya hanya 2 bulan. “Slup dan kolom baru semua, dokumentasi foto ada semua bisa dicek. Kalau lantai diRABnya cuma 6 M2, malah itu lebih. Rangka galvalum total 100 % ganti, besinya yang awal 6 itu diganti besi 12 semua. Semua tiap sudut per kelas ganti semua, sudah proses penyerahan dan sudah diperiksa PPK”, pungkasnya.

Pihak Inspektorat saat dikonfirmasi awak media, dirinya akan menindaklanjuti memanggil PPK untuk diklarifikasi kebenaran dari proyek rehabilitasi SDN Pasrujambe 05 tersebut. (Jwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close