Peristiwa

Pemdes Barurejo, Optimalkan Pembangunan Infrastruktur Jalan Poros Desa, Ini Kata Kades Bibit

Teks foto : Kades Barurejo, Kecamatan Sambeng, Bibit dan Pembangunan

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Pembangunan infrastruktur di Wilayah Lamongan terus berjalan. Selain dilakukan langsung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, juga dilakukan di tingkat paling bawah yakni Pemerintah Desa (Pemdes), khususnya pembangunan jalan Rabat Beton.

Salah satunya seperti yang dilakukan pembangunan Rabat Beton di Desa Barurejo, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan. Jalan poros desa tersebut yang sebelumnya kondisinya rusak parah, dibangun dengan memanfaatkan anggaran dana Pendapatan Asli Desa (PAD). Pembangunan ruas jalan poros desa ini cukup penting mengingat jalan ini merupakan akses jalan menuju Balai Desa Barurejo.

Pembangunan jalan tersebut terang saja disambut gembira oleh warga. Salah satu warga dusun Sambong, desa Barurejo, sebut saja Aripin (35), menyambut baik dan memberikan apresiasi dengan adanya pembangunan jalan Rabat beton tersebut.

Pihaknya juga berharap, dengan dibangunnya jalan Rabat beton ini, semoga masyarakat desa semakin mudah dan dapat membawa kemajuan perekonomian desa, khususnya warga masyarakat desa Barurejo.

Menurut data yang dihimpun awak media Dorronlinenews.com melalui warga setempat Aripin, “Alhamdulillah mas akses jalan penghubung Dari PTM Poros Desa ke Dusun Sambong yang selama ini terbilang rusak dan berlubang kini sudah dibangun dan tentunya kami sebagai warga dusun Sambong patut bangga akan kinerja pemdes Barurejo terutama saat ini yang dinahkodai dan kendali Pak Kades Bibit Dengan adanya pembangunan jalan ini, semoga dapat membawa kemajuan perekonomian desa,” ungkapnya.

“Tentu saja kami sangat gembira jalan ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Pemerintah Desa (Pemdes) Barurejo. Ini merupakan bentuk perhatian bagi para warga masyarakat karena jalan ini sangat penting dan sudah lama rusak,” tambahnya. Kamis, (02/05/2024).

Ditempat terpisah, Kades Barurejo Bibit mengatakan di kantor kerjanya, bahwasanya selama ini akses jalan yang rusak menjadi kendala warga masyarakat dalam berkendara guna memperlancar transportasi dan meningkatkan perekonomian warga.

“Kebutuhan akses jalan ini kemudian ditindaklanjuti dengan pembangunan, memanfaatkan anggaran dana PAD tahun 2024. Tujuannya yakni ketersediaan infrastruktur jalan terutama memperlancar transportasi dan meningkatkan perekonomian yang menjadi prioritas utama,” jelasnya.

Adapun manfaat dibangunnya jalan desa untuk masyarakat Desa Barurejo, antara lain:
Memperlancar para petani mengangkut hasil panen, Memperlancar hubungan dan komunikasi dengan tempat lain, Mempermudah pengiriman sarana produksi ke desa, Mempermudah pengiriman hasil produksi ke pasar, baik yang di desa maupun dari luar daerah, Meningkatkan jasa pelayanan sosial, termasuk kesehatan, pendidikan dan penyuluhan.

Lanjut Kades Bibit, “Sampai saat ini progres pembangunan sudah mencapai 70%. Sementara warga kami Dari 457 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Desa Barurejo sebagian besar warga masyarakat menggantungkan hidupnya di sektor pertanian, sehingga kebutuhan akses jalan tersebut menjadi perioritas,” tutupnya.

Sementara itu, menurut Hasyim Asyari selaku Kasi Pembangunan (Kasipem) Desa Barurejo mengatakan bahwa ,”Mengenai rencana pembangunan jalan Rabat beton ini merupakan wacana yang sudah lama. Namun baru saat ini rencana tersebut bisa terealisasi. Jalan Rabat Beton tersebut dibangun sepanjang 195 M dengan lebar 4 M dengan ketinggian 0,15 M. Untuk pembangunan jalan ini dengan Rp 205.351.600,- dari anggaran PAD tahun 2024,” terangnya secara detail.

Lanjut Hasyim, “Lalu kemudian, dalam pelaksanaan pembangunan jalan Rabat Beton memperhatikan kualitas sesuai yang di tetapkan Pemerintah Pusat, dan semoga dalam hal ini bisa bermanfaat bagi warga tentunya memperlancar transportasi dan meningkatkan perekonomian warga ” pungkasnya.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close