Peristiwa

Meski di Era Modern, Dusun Ganggang Tetap Lestarikan Tradisi Sedekah Bumi

Teks foto: Suasana sedekah Bumi di Dusun. Ganggang, desa Ganggang Kecamatan Balongpanggang

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Tradisi sedekah bumi bukan hanya bentuk rasa syukur atas rahmat yang telah dilimpahkan oleh Tuhan YME namun juga sebagai ajang silaturahmi dan sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah atau sodakhoh berupa makanan.

Seperti halnya tasyukuran sedekah bumi dan sedekah Dusun ini dilakukan warga Dusun Ganggang, Desa Ganggang, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik bertempat di halaman rumah Kepala Dusun Ganggang. Sabtu, (04/05/2024).

Meski di era modern yang serba digital tetapi tradisi sedekah bumi di dusun Ganggang tetap di lestarikan dan tidak ditinggalkan. Menurut salah satu warga dusun Ganggang Hadi (41) mengaku bahwasanya, “Tradisi Sedekah bumi ini merupakan peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan dan saya pribadi sangat setuju dan menilai kegiatan ini adalah kegiatan yang baik dan tentunya membawa dampak positif, selain ucap syukur kepada sang pencipta Allah SWT. Kami juga bisa bersilaturahmi antar tetangga dan warga masyarakat,”jelasnya.

Sementara itu disela sela kesibukannya Kepala Desa (Kades) Ganggang Awi mengucapkan terhadap awak media Dorronlinenews.com di lokasi sedekah bumi di laksanakan, bahwasanya Kepanitiaan yang dibentuk pun menjadi pendorong warga Dusun Ganggang untuk gotong royong menanggung biaya acara yang telah disepakati. Tak terkecuali dari pemerintah desa Ganggang juga ikut memberikan bantuan anggaran.

“Meskipun sekarang sudah jaman modern dan sebagian besar masyarakat saya tidak saja sebagai petani namun tradisi Sedekah Bumi ini tidak bisa ditinggalkan. Karena, tujuan sedekah bumi ini sangat baik dan positif yaitu sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala rahmat dan limpahannya,” kata Kades Ganggang Awi.

Melalui acara Sedekah Bumi, kata dia, masyarakat semakin guyup, rukun dan tali silaturahmi terus terjaga.

Karena, semua warga bersama sama berdoa agar senantiasa diberikan kedamaian, kelancaran rejeki, dan dijauhkan dari segala bencana. Terlebih ia juga mengucap syukur alhamdulillah bahwa tradisi Sedekah Bumi di Dusun Ganggang masih terus dilestarikan secara gotong royong.

“Saya mendoakan semua warga masyarakat khususnya di Dusun Ganggang senantiasa diberikan kesehatan, kelancara rejeki dan panjang umur. Atas nama pemerintah desa Ganggang saya mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat Dusun Ganggang, panitia dan semuanya yang ikut mendukung kelancaran kegiatan ini, ”pungkasnya.

Adapun hiburan rakyat yang di suguhkan untuk warga setempat yang merupakan budaya jawa yakni wayang kulit asli Jawa timuran semalam suntuk dengan menghadirkan Ki dalang Harnowo Byta dari Gresik.

Turut hadir dalam kegiatan Forkopimcam Balongpanggang (Camat Suryo Wibowo, Kapolsek Akp Moh. Dawud, Danramil ARH Kuntoko yang diwakili Anggotanya), Kades Ganggang beserta perangkatnya, Tokoh agama, Karang Taruna, Ibu ibu PKK, dan ratusan warga dusun Ganggang. (tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close