Peristiwa

Pertahankan Tradisi, Dusun Gadel, Desa Pacuh, Balongpanggang Gelar Sedekah bumi

Teks Foto : Suasana Sedekah Bumi di dusun Gadel, Desa Pacuh, Balongpanggang

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM –
Bertempat di Halaman kepala dusun Gadel, desa Pacuh kecamatan Balongpanggang, Gresik melakukan bersih desa atau sedekah desa. Bertujuan untuk mensyukuri nikmat Allah SWT atas nikmat yang diberikan pada masyarakat semuanya.

Dengan mengeluarkan tumpeng dan 1 tumpeng raksasa yang dijadikan rebutan masyarakat.

Acara dihadiri Forkopimcam Balongpanggang, Kades dan perangkat, tokoh Agama dan masyarakat Pacuh tidak ketinggalan.

Kades Pacuh Imron Hamzah dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dusun Gadel yang sudah melimpah ruah masyarakat dapat berkumpul dengan semangat dan kelihatan cerah bahagia.

Guna mempertahankan tradisi/budaya bahwa dilaksanakan sedekah desa adalah peninggalan budaya lama.

Untuk itu saya mohon kepada masyarakat dengan ikhlas masalah ini harus bertahan.

“Semoga tahun depan dilakukan dengan meriah lagi”. katanya.

Kapolsek Balongpanggang AKP. Moch Dawud dalam sambutannya selain memperkenalkan diri juga titip pesan Kamtibmas terhadap masyarakat dusun Gadel hendaknya bapak/ibu dapat mengawasi anak-anaknya yang menginjak remaja dengan peredaran narkoba yang semakin menjadi-jadi.

Untuk itu hendaknya Bapak/Ibu harus melakukan pengawasan terhadap anaknya. Caranya harus tahu siapa temannya, sering sering melihat kamar anaknya.

“Apabila ada botol Aqua yang ada sedotan 2 ada korek apa, ada kertas atau alumunium foil harus melapor ke Polsek untuk dilakukan pembinaan”. Tegasnya.

Selain itu pengawasan terhadap anaknya yang ikut di perguruan, hendaknya dapat di ingatkan bahwa di atas langit masih ada langit.

“Dan apabila pertengkaran yang mengakibatkan cacat terus terang bahwa tidak bisa di damaikan dan dilanjutkan ke Pengadilan”. Tutupnya.

Sedangkan Camat Balongpanggang Suryo Wibowo dalam arahannya
Selain memperkenalkan diri sangat mengapresiasi kegiatan sedekah bumi bahwa masyarakat Pacuh masih mau dan mampu melaksanakan sedekah bumi sebagai bentuk uri uri budaya Jawa.

Selain itu dengan ucapan syukur ini semoga pertanian yang ada semakin subur dan hasilnya melimpah, Yang sakit supaya disembuhkan oleh Allah SWT, Yang punya hutang segera dapat melunasinya.

“Satu jangan lupa bahagia, karena kebahagian itu obat dari segala penyakit”. Tutupnya.

Ketua Panitia Sedekah Bumi desa Gadel H.Sanusi Jaya yang
Mugi Mugi bermanfaat
Partisipasi masyarakat akhirnya dapat terlaksana dan sukses.

Ada satu hal permintaan saya kepada Forkopimcam Balongpanggang bahwa untuk menjadikan petani yang sukses harus ditunjang dengan Saprodi yang memadai.

Utamanya pupuk tolong bapak bapak untuk di awasi peredaran pupuk bersubsidi yang masih masih lalu lalang melintasi di jalan raya. Semuanya sudah

Kebersamaan warga Dusun adalah sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT untuk bersemangat berkorban waktu dan tenaga untuk menjadikan dusun Gadel yang sejahtera.

Perlu diketahui bahwa sedekah bumi ini dilaksanakan setiap tahun setelah masyarakat panen pertama.

‘Untuk itu saya berharap tradisi ini terus dipertahankan agar tidak puna nantinya”. Pintanya. (ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close