Peristiwa

Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD Se- Kecamatan Menganti

Teks foto : Saat Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD Se- Kecamatan Menganti

MOJOKERTO, DORRONLINENEWS.COM – Seluruh Anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) di lingkungan Pemerintah Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas tahun 2023 selama dua hari di Arayanna Hotel & Resort, Trawas Mojokerto. Jum’at, 17/11/2023 s/d 28/11/2023.

kegiatan bimtek peningkatan kapasitas BPD di Kecamatan Menganti dihadiri oleh Forkopimcam Menganti ( Camat, Hendriawan Susilo, Kapolsek Iptu. Roni, dan Danramil Kapten Inf.Imam Suud, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Gresik, Kadis PMD dan Inspektur.

Camat Menganti Hendriawan Susilo menjelaskan bahwasanya tujuan dari bimtek peningkatan kapasitas BPD ini ialah untuk mempertegas peran BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, mampu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik, jelasnya.

“Peran BPD dalam penyelenggaraan desa adalah mengawal aspirasi masyarakat, menjaga kewibawaan dan kestabilan penyelenggaraan Pemerintahan Desa serta mempelopori penyelenggaraan Pemerintahan Desa berdasarkan tata kelola pemerintahan yang baik,” katanya.

Susio menegaskan bahwa, fungsi dari BPD adalah membahas dan menyepakati setiap rancangan Peraturan Desa (Perdes). Salah satunya Perdes tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang harus ditetapkan di Desa, serta berdampak langsung dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dalam memenuhi layanan kepada masyarakat, tegasnya.

Masih Hendriawan Susilo, peran BPD juga melalui peningkatan kapasitas ini bertujuan agar bisa bersama kepala desa turut andil dalam menyukseskan program-program unggulan Bupati Gresik Fandi Ahmad yani. Pungkasnya. (wan)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close