Pemerintahan

Suryo Wibowo Rencana Pembangunan, Harus Bersinergi Dengan Rencana Pembangunan di Kabupaten Juga Harus Ada Relevansi Nawa Karsa Bupati

Tf : Suasana Musrenbang di pendopo Kecamatan Balongpanggang

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM Bertempat di pendopo Kecamatan Balongpanggang telah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun anggaran 2025 Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Selasa (27/02/ 2024)

Musrenbang RKPD tersebut dibuka oleh Camat Balongpanggang Suryo Wibowo dan di lanjutkan pengarahan oleh Kepala Edy Hadisiswoyo Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapeda), dan Abu Hassan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Dinas Lingkungan Hidup.

Suryo Wibowo mengatakan tujuan dari musrenbang Kecamatan adalah untuk membahas dan menyampaikan usulan rencana kegiatan pembangunan Desa yang menjadi prioritas di wilayah setempat untuk tahun depan.

Dalam Musrenbang RKPD 2025 dengan penyampaian usulan program dan kegiatan prioritas desa berdasarkan rapat koordinasi Musrenbangdes di masing masing desa.

Di mana dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa program prioritas yang diusulkan, antara lain peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur jalan,
jalan penghubung antar Kabupaten, jalan pertanian dan normalisasi embung.

Sebab, jangan sampai dengan adanya pengaspalan jalan yang berlubang, namun setelah ditambal belum pulang aspalnya sudah mengelupas. Celetuknya.

Lebih jauh Suryo Wibowo menuturkan, Selain itu juga peningkatan fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, manajemen dan pelayanan bidang kesehatan, khususnya dalam stunting yang harus diperangi bersama sama. Karena stanting adalah isu nasional. Tambahnya.

Edy Hadisiswoyo dalam paparannya menyampaikan bahwa dalam penyusunan program perlu mempertimbangkan program yang tepat guna dan tepat sasaran diantara yang perlu dilakukan di antaranya. Yang pertama yaitu menentukan lokus yang menjadi prioritas sehingga bisa diambil langka strategis dengan cara meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan meningkatkan sekala prioritas menjadi sekala super prioritas.

Untuk itu, lanjut Edi Hadisiswoyo Perlu dipahami bersama bahwa dalam pembangunan bangsa dan negara ini, yang menjadi ujung tombaknya adalah desa, sehingga perlu adanya komitmen untuk mewujudkan pembangunan yang bermanfaat dan berkelanjutan, tentunya harus selaras dengan nawa karsa bupati Gresik.

Jadi pada intinya dalam merumuskan perencanaan program pembangunan harus selaras dengan tetap mengedepankan atas manfaat sesuai kebutuhan masyarakat baik pembangunan fisik maupun spiritual, pungkasnya, sembari menekankan pada peningkatan sumber daya manusia dan sektor lainnya (pertanian, kesehatan dan perekonomian).

Diakhiri acara Kepala Dinas PMD Kabupaten Gresik Abu Hasan memberikan pencerahan serta menjawab apa yang menjadi uneg uneg peserta musrenbang.
Disamping itu Abu Hasan juga memberi rumusan teknis dalam merencanakan terutama dalam mengelola aset desa dan penggunaan dana desa sehingga tetap sesuai dengan nama karsa Bupati, Nawa Bakti Gubernur Jawa Timur dan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia, pungkasnya sembari berpesan mari kita jaga dan kita lestarikan bersama program pembangunan yang sudah bagus.

Di kesempatan tersebut selain Camat Suryo Wibowo, Kapolsek AKP Dawud, Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Arh Kuntoko, tampak hadir Kepala Edy Hadisiswoyo Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapeda), dan Abu Hassan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kepala UPT Puskesmas Balongpanggang dr. Rizal, Kepala UPT Puskesmas Dapet Erna, serta Kades sekecamatan Balongpanggang serta  dan undangan lainnya. (ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close