Peristiwa

Penyerahan Sertifikat PTSL Kepada 300 Pemohon Oleh BPN

Teks foto : Penyerahan Sertifikat PTSL Kepada 300 Pemohon Oleh BPN

LUMAJANG, DORRONLINENEWS.COM – Penyerahan Sertifikat program PTSL oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Lumajang, Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023 akan dibagikan kepada 300 pemohon untuk tahap pertama. Masyarakat sangat antusias hadir akan mendapatkan sertifikat tanahnya dengan biaya murah, penyerahan sertifikat berlangsung di Balai Desa Kemuning, kecamatan Senduro, kabupaten Lumajang, Rabu (01/11/2023).

Acara penyerahan sertifikat PTSL ini merupakan bagian dari upaya Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Lumajang untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat terkait kepemilikan lahan mereka. PTSL adalah program yang bertujuan untuk menyusun data dasar pertanahan yang akurat dan memberikan sertifikat kepemilikan tanah kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Lumajang yang dalam hal ini diwakili oleh Ari selaku petugas PTSL dari BPN menyampaikan bahwa pentingnya PTSL dalam memberikan kepastian hukum kepada pemilik tanah. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam pelaksanaan program PTSL di wilayah Kabupaten Lumajang. “Pesan kami kepada bapak ibu sekalian, kalau sudah menerima sertifikat tolong dijaga betul-betul, karena sertifikat ini bukti kepemilikan atas tanah panjenengan yang sah. Kalau untuk dijaminkan pinjam uang untuk modal usaha gak apa-apa asal betul-betul buat usaha, jangan dijaminkan hanya untuk beli kebutuhan yang bukan untuk usaha”, ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, kepala desa Kemuning yang juga didampingi ketua Pokja yang menangani proses PTSL tersebut, perwakilan dari kecamatan Senduro, serta masyarakat pemilik tanah yang menerima sertifikat PTSL. Para penerima sertifikat PTSL menyambut acara ini dengan haru dan gembira, sebagaimana arti pentingnya sertifikat tersebut dalam melindungi hak kepemilikan tanah mereka. Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Lumajang berkomitmen untuk terus melaksanakan program PTSL demi terciptanya kepastian hukum dan pemilikan tanah yang lebih adil di wilayah ini. Acara penyerahan sertifikat PTSL tahun 2023 di kabupaten Lumajang ini menjadi tonggak penting dalam upaya tersebut.

Ketua Pokja Abdul Khobir Aly kepada awak media mengatakan, bahwa Pokja ini mendapatkan SK dari kepala desa. Dalam hal ini Pokja terdiri dari petugas-petugas seperti, petugas pemberkasan, petugas ukur, petugas patok dan lain-lain. Petugas-petugas tersebut adalah pemohon PTSL dan untuk petugas pemberkasan dibantu perangkat desa karena banyak yang tidak dipahami terkait batasan-batasannya. “Pemohon hanya menyerahkan SPPT, berarti masih mencari datanya. Kalau sudah berakte enak tinggal langsung diproses, yang penting peruntukannya jelas. Kalau bukan akte masih melalui persidangan, pihak keluarganya berapa ya dikumpulkan”, kata Khobir Aly.

“Desa Kemuning ini yang mendaftar 600 pemohon lebih, yang acc sementara yang mau diserahkan sertifikatnya ini ada 300 pemohon. Untuk pembayaran biayanya ada yang daftar langsung bayar, ada yang janji setelah jadi sertifikatnya ya sekarang ini. Saya ditunjuk jadi ketua Pokja ini oleh kepala desa biar minim kendala, karena saya disini ini dianggap sesepuh dan pernah jadi ketua BPD sebelum jadi dewan dulu waktu BPD masih pilihan”, pungkas Khobir Aly. (Jwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close