Pemerintahan

Pemdes Sumberdadi Bangun Jalan Rabat Beton Poros, Warga Apresiasi Kinerja Kades Sugiono

Teks foto : Kades Sugiono bersama rabat beton

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Pembangunan infrastruktur di Wilayah Lamongan terus berjalan. Pembangunan selain dilakukan langsung oleh Pemkab Lamongan, juga dilakukan di tingkat desa, khususnya pembangunan jalan Rabat Beton.

Salah satunya seperti yang dilakukan pembangunan Rabat Beton Desa Sumberdadi, Kecamatan Mantup. Jalan poros desa yang berada di Dusun Balong, yang sebelumnya kondisinya rusak parah, dibangun dengan memanfaatkan anggaran dana Bantuan Keuangan Khusus Pemerintah Desa (BKKPD). Pembangunan ruas jalan poros desa ini cukup penting mengingat jalan ini merupakan akses jalan dari Desa Sumberdadi – Kreteranggon.

Pembangunan jalan tersebut terang saja disambut gembira warga. Salah satu tokoh masyarakat desa Sumberdadi, yang enggan disebutkan namanya dengan inisial ‘RD’ (55), menyambut baik pembangunan jalan Rabat beton tersebut.

Pihaknya juga berharap, dengan dibangunnya jalan Rabat beton ini, semoga masyarakat desa semakin mudah dan dapat membawa kemajuan perekonomian desa, khususnya warga masyarakat desa Sumberdadi.

Menurut pengakuan warga setempat ‘RD”, “Alhamdulillah mas akses jalan didusun kami yakni dusun Balong jalan penghubung antara Sumberdadi – Kreteranggon yang selama ini terbilang rusak dan berlubang kini sudah dibangun dan tentunya kami sebagai warga dusun Balong patut bangga akan kinerja pemdes Sumberdadi terutama saat ini yang dinahkodai dan kendali Pak Kades Sugiono. Dengan adanya pembangunan jalan ini, semoga dapat membawa kemajuan perekonomian desa,” ungkapnya.

“Tentu saja kami sangat gembira jalan ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberdadi. Ini merupakan bentuk perhatian bagi para warga masyarakat karena jalan ini sangat penting dan sudah lama rusak,” tambahnya Selasa, (28/11/2023).

Ditempat terpisah, Kades Sumberdadi Sugiono, mengatakan selama ini akses jalan yang rusak menjadi kendala warga masyarakat dalam berkendara guna memperlancar transportasi dan meningkatkan perekonomian warga.

“Kebutuhan akses jalan ini kemudian ditindaklanjuti dengan pembangunan, memanfaatkan anggaran dana Bantuan Keuangan Khusus Pemerintah Desa (BKKPD) tahun 2023. Tujuannya yakni ketersediaan infrastruktur jalan terutama memperlancar transportasi dan meningkatkan perekonomian yang menjadi prioritas utama,” jelasnya.

Adapun manfaat dibangunnya jalan desa untuk masyarakat Desa Sumberdadi, antara lain:

  • Memperlancar para petani mengangkut hasil panen
  • Memperlancar hubungan dan komunikasi dengan tempat lain.
  • Mempermudah pengiriman sarana produksi ke desa.
  • Mempermudah pengiriman hasil produksi ke pasar, baik yang di desa maupun dari luar daerah.
  • Meningkatkan jasa pelayanan sosial, termasuk kesehatan, pendidikan dan penyuluhan.

Sekedar informasi, “Dari 1.200 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Desa Sumberdadi sebagian besar warga masyarakat menggantungkan hidupnya di sektor pertanian, sehingga kebutuhan akses jalan tersebut menjadi perioritas,” jelas

Sementara itu, menurut Anang Makruf selaku Sekretaris Desa ( Sekdes ) mengatakan bahwa ,”Mengenai rencana pembangunan jalan Rabat beton ini merupakan wacana yang sudah lama. Namun baru saat ini rencana tersebut bisa terealisasi. Jalan Rabat Beton tersebut dibangun sepanjang 98,50 M dengan lebar 3,50 M dengan ketinggian 0,15 M. Untuk pembangunan jalan ini dengan anggaran Rp 100 juta dari alokasi Dana BKPD 2023,” terang Sekdes Anang Makruf secara detail.

Kemudian Dukijen bertindak selaku Kasi Pembangunan saat di konfirmasi awak media terkait pembangunan rabat beton Ia Mengatakan, dalam pelaksanaan pembangunan jalan Rabat Beton memperhatikan kualitas sesuai yang di tetapkan Pemerintah Pusat, dan semoga dalam hal ini bisa bermanfaat bagi warga tentunya memperlancar transportasi dan meningkatkan perekonomian warga ” pungkasnya.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close