Peristiwa

Parade Budaya Nusantara Desa Sumberdadi Semarakkan HUT Ke-78 RI Tahun 2023

Teks foto : Suasana Parade Budaya Nusantara Desa Sumberdadi

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Pemdes Sumberdadi selenggarakan pawai kemerdekaan dalam rangka HUT ke 78 Republik Indonesia tahun 2023. Hal tersebut diharapkan mampu menjaga persatuan dan kesatuan serta memotifasi semangat budaya dikalangan generasi penerus bangsa. Serangkaian kegiatan tersebut menampilkan kreatifitas warga dalam bentuk arak arakan (pawai budaya).

Pawai budaya kemerdekaan yang dilaksanakan di akhir pekan ini terlihat sangat mewah dan meriah. Sementara start awal dari Lapangan Desa Sumberdadi yang diberangkatkan oleh Camat Mantup Suwanto Sastrodiharjo S. Stp,.M.M., bersama Forkopimcam Mantup selanjutnya keliling sampai Finish di balai desa Kedungsoko. Minggu, (27/08/2023) dimulai pukul 13.00 wib

Kegiatan tersebut di ikuti oleh warga se- Desa Sumberdadi yang terdiri dari 6 dusun, dan digarda terdepan sebagai penghormatan yakni Pemdes Sumberdadi (Kades Sugiono beserta perangkatnya) yang selanjutnya disusul oleh warga dan karang taruna Kisogo.

Saat ditemui awak media Dorronlinenews.com Ketua panitia penyelenggara Syaiful Alam, M. Pd.,menyampaikan bahwa,”Parade ini kami kemas dengan tampilan Elegan dan Mewah serta mengusung tema Kerajaan Budaya & Kebhinekaan,”ungkapnya secara singkat.

Sementara itu, Kades Sugiono berikan pemaparan terkait maksud dan tujuannya diadakan parade ini,” Yang pertama Menyemarakkan HUT RI ke- 78, dalam bentuk kegiatan arak arakan keanekaragaman budaya dan Bhineka Tunggal Ika yang merupakan hasil kreatifitas warga yang bersifat evaluatif, ekpresiasif, atraktif, dan kompetitif”.

Lanjut H. Nono panggilan yang kerap akrab Kades Sumberdadi disapa ini, menjelaskan, “Tujuan daripada kegiatan ini kami memberikan ruang (kesempatan) terhadap warga untuk menuangkan ide dan kreatifitasnya, meningkatkan kerjasama dan kebersamaan antar warga dan Pemerintah Dusun (Pemsun), sebagai wadah bagi seniman desa dan dusun, dan sebagai perekat pemersatu antar pemdes dan warga juga stakeholder yang terlibat, serta memberi tontonan positif yang mendidik terhadap masyarakat dengan mengusung tema kenusantaraan dan kebinekaan,”paparnya.

Selain itu H. Nono juga menekankan para peserta yang mengikuti parade bahwa dalam pelaksanaan ini jangan sampai ada yang membawa Minuman keras (Miras), petasan, asap, atau apapun yang membahayakan dan menyebabkan polusi yang bisa mengganggu kenyamanan peserta maupun penonton,” pungkas Kades Sumberdadi Sugiono secara tegas.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close