Peristiwa

Desa Sidoraharjo Berhasil Budidaya Lele, Hasil Panen Dibagi ke Masyarakat

Teks foto : Kades Sidoraharjo Suwoto, membagikan sedang panen lele

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Sebagai upaya peningkatan ketahanan pangan, Pemdes Sidoraharjo Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik membagikan 20 ribu ekor lele. Setiap masyarakat mendapatkan 5 ekor lele.

Panen raya itu diikuti oleh perangkat desa, kepala dusun, perwakilan BUMDes, Ketua RT/RW serta masyarakat setempat yang diwakili Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Suasana keakraban terlihat dalam kegiatan tersebut. Bahkan, Kades Suwoto bersama perangkat desa setempat ikut melakukan panen di kolam budidaya ikan lele.

Dalam kesempatan ini, Kades mengungkapkan kegiatan panen raya lele dilakukan sebagai bentuk arahan dari pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang ikut menyukseskan program ini, lele yang dipanen ini dibagikan ke masyarakat melalui RT masing-masing,” katanya, Minggu (2/7/2023).

Suwoto menerangkan kegiatan budidaya ikan lele ini menggunakan dana desa dengan alokasi Rp30 Juta yang dialokasikan khusus untuk subsektor ketahanan pangan.

Menurutnya, ketahanan pangan merupakan salah satu aspek penting dalam memperkuat kesehatan masyarakat dengan gemar makan ikan.

“Dengan adanya ketahanan pangan yang kuat, diharapkan Desa Sidoraharjo dapat menjadi desa yang sehat, bebas stunting dengan gemar makan ikan,” ujarnya.

Pembudidayaan ikan lele ini juga merupakan upaya untuk mendorong perekonomian desa. Setelah panen ini, ikan lele akan diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bertugas sebagai penggerak ekonomi desa.

“Selanjutnya, budidaya ikan lele ini akan menjadi salah satu program unggulan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Heri, Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang mewakili masyarakat, menyambut baik kegiatan panen ikan lele ini dalam rangka ketahanan pangan.

Dia mengungkapkan bahwa masyarakat sangat responsif terhadap kegiatan budidaya ikan lele sebagai salah satu program pemerintah tahun 2023.

“Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan dan kesejahteraan,” tutupnya. (ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close