Peristiwa

Kenang Hubungan Baik Indonesia-Rusia, Lantamal V Ikut Sambut Angkatan Laut Rusia di Monkasel

Teks foto : Lantamal V Ikut Sambut Angkatan Laut Rusia di Monkasel

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono yang diwakili oleh Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Baedhowi Oktafidia ikut Mengenang hubungan baik antara Indonesia dan Rusia saat Kepala Staf Angkatan laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyambut kedatangan Wakil Panglima Angkatan laut Rusia Vice Admiral Igor Timerbulatovich Mukhametshin yang bertempat di Monumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya, Senin(12/6).

KRI Pasopati-410 menjadi sebuah bukti hubungan baik antara Indonesia dan Rusia kapal selam tersebut merupakan salah satu bantuan dari Rusia yang digunakan untuk memperkuat armada Angkatan Laut Indonesia Pasca kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Dalam sambutannya Kasal mengatakan, Terima Kasih atas kedatangan Wakil Panglima Angkatan Laut Rusia ke Indonesia dan berkenan untuk melihat langsung Kapal Selam yang dulu diproduksi oleh rusia yaitu KRI Pasopati jenis Whiskey Classyang juga menjadi tanda hubungan baik antara kedua negara dan membantu Indonesia dalam memperjuangkan keutuhan wilayah saat merebut Irian Barat.

Dalam kesempatan ini pula dilaksanakan peresmian Monumen Batu Hubungan Baik Indonesia-Rusia, kini KRI Pasopati menjadi sebuah destinasi wisata yang mengedukasi masyarakat Surabaya terkait TNI AL dan sudah tidak aktif lagi beroperasi sebagai kapal perang Republik Indonesia.

Turut hadir dalam kesempatan ini Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila G Vorobieva, Asintel Kasal, Asops Kasal, KS Koarmada II, Ir Koarmada II, Kadisjarahal, Perwakilan Pemprov Jatim dan Perwakilan Pemerintah Kota Surabaya. (Pen/ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close