Peristiwa

Lestarikan Budaya Jawa Dusun Mojowuku Adakan Sedekah Bumi, Ini Pesan Kades Aji Prawiro

Teks foto : Pwmdes Mojowuku, Kedamean, Gresik gelar Sedekah Bumi

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Sebagai bentuk rasa syukur terhadap sang pencipta  karena telah diberi hasil pertanian yang melimpah, warga Dusun Mojowuku Desa Mojowuku, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik adakan acara Sedekah Bumi di gelar di balai dusun Mojowuku. Sabtu, (13/08/2022).

Hadir dalam acara tersebut polsek kedamean, Kades Mojowuku Aji Prawiro beserta perangkat desa, panitia, dan para undangan lainnya. Warga pun tampak antusias dengan di adakan kegiatan tersebut.

Selanjutnya, sebagai suatu penghormatan yang mana Kepala Desa Mojowuku Aji Prawiro mendapatkan kesempatan pertama untuk naik panggung, istilah orang jawa menyebutnya dengan BESO (joget) bersama penyanyi (sinden) dan perangkat desa Mojowuku

Saat di temui awak media Dorronlinenews.com Aji Prawiro menjelaskan, “Selain sebagai ucapan rasa syukur, tradisi sedekah bumi juga digelar sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah atau sodakoh berupa makanan,” jelasnya.

“Oleh sebab itu, sedekah bumi ini juga sebagai wujud pelestarian budaya yang sudah dilakukan turun- temurun, kata mbah-mbah dulu Sedekah Bumi dapat menolak balak atau menjauhkan dari musibah karena Sedekah Bumi sama dengan memberi sodaqoh,” tambahnya.

Lanjut Aji, “Sedekah bumi adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa bersilaturrahmi antar warga. Untuk itu, saya minta kepada semua warga untuk terus mempertahankan serta melestarikan tradisi ini dan tetap jaga kekompakan dan guyub rukun,” pesannya.

Adapun di jelaskan Kades Aji bahwa nanti malam ada pagelaran wayang kulit Ki dalang kondang Sugilar semalam suntuk. (Tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close