Peristiwa

6 Rumah Warga Desa Dapet Di Bantaran Kali Lamong Nyaris Tergerus Air Saat Musim Hujan

Teks foto : suasana penyebab Rumah Warga Dusun Dapet desa Dapet, Kecamatan Balongpanggang

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Sebanyak 6 rumah warga dusun Dapet desa Dapet yang terletak di bantaran Kali Lamong desa Dapet perlu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Gresik, khususnya Dinas PU dan BBWS.

Hal ini disebabkan adanya aliran sungai dari jembatan langsung ke Utara dan menatap langsung kebelakang rumah, untuk itu secara otomatis badan sungai terkikis. Sedangkan yang pematang sebelah selatan ditanami pohon pisang, sehingga tanah sebelah selatan semakin tebal dari hari ke hari.

7 rumah itu diantaranya milik Apit, Kuspandi, Istanto, Urip Susanto, Mustofa, Anggi Irmawan.

Menurut sumber di desa Dapet masalah ini sudah dialami sejak tahun 2020 lalu, namun sampai saat ini belum juga ada penanganan.

Kepala Desa Dapet Siswadi membenarkan masalah tersebut. Ia berharap mumpung musim kemarau hendaknya dapat ditangani agar warga merasa nyaman dan tentram jika waktunya musim penghujan.

“Paling tidak bisa mengepras sebelah selatan yang menonjol ke Utara sehingga aliran sungai tidak langsung menatap rumah warga” Jelas Siswadi Yang ketua AKD Balongpanggang.

Sementara Ubaidillah kepala SDA Dinas PU Gresik ketika di konfirmasi membenarkan masalah itu karena harus ngepras bagian selatan wilayah Mojokerto untuk itu pengerjaannya harus melibatkan BBWS.

“Untuk itu sabar yah kita akan mengajak petugas BBWS kesana dan akan kami perhatikan keluan warga”. Katanya. (Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close