Peristiwa

10 Paket Program Jalan Usaha Tani Di Dinas Pertanian,LSM PIAR Berharap Di Kerjakan Sesuai RAB

Teks foto : Kabid Ketahanan Pangan dan Holtikultura

SAMPANG, DORRONLINENEWS.com – Tahun Anggaran 2022,Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sampang memiliki 10 program jalan usaha tani yang tersebar di beberapa Kecamatan.

Dari 10 program jalan usaha tani yang ada ada dua sumber anggaran yakni dari anggaran DBHCT 5 program dan pokok pikir (pokir-DAU) juga 5 program.

Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan melalui kepala bidang (kabid) Ketahanan Pangan Dan Holtikultura menuturkan dari 10 program jalan usaha tani sumber anggarannya memang beda.ada yang dari DBHCT dan Pokir.

Untuk 5 program jalan usaha tani yang dari DBHCT kelompok tani (Poktan) penerima yakni,Poktan jalil jaya Desa Pangongseyan Kecamatan Torjun,Chiken Sejahtera Desa Taman Kecamatan Jrengik,Poktan Mudik Tani Desa Sogian Kecamatan Omben dan Poktan Masaran Jaya Desa Madulang serta Poktan Pembagunan Desa Beringin Nonggal Kecamatan Torjun.

“Empat Poktan penerima program dari DBHCT perpoktan nilainya 150 juta, hanya Poktan Mudik Tani Desa Sogian yang nilainya 75 Juta ” ucap Nuruddin saat di sambangi di kantornya Selasa (17/05/2022).

Sedangkan yang melalui dana pokok pokir (pokir) yakni poktan Banten Laok Desa Taman Sareh Kecamatan Kota,Poktan Dama Karya Desa Rabesen Kecamatan camplong juta,Poktan Gemilang Tiga Desa burung gagah Kecamatan Tambelangan dan Poktan Putra Panggung Desa Panggung Kecamatan Kota serta Poktan Sejahtera Desa Panyirangan Kecamatan Pengarengan.

“Dari empat Poktan penerima program jalan Usaha Tani lewat program Pokir,hanya Poktan Darma Karya Desa Rabesan Camplong yang nilainya 93,5 juta.sedankan yang empat poktan 187 juta ” ucapnya.

Kabid Ketahanan Pangan Dan Holtikultura ini juga mengatakan untuk tahap pekerjaan biasanya di mulai Bulan Juli karna pada bulan itu bertepatan dengan musim kemarau.

“Untuk pekerjaan scara swakelola dan murni kelompok tani (poktan) sebagai pelaksana di lapangan ” Tutur Nuruddin keawak media ini.

Abd Hamid Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat Pusat Informasi Dan Advokasi Rakyat LSM PIAR (LSM PIAR) menuturkan Bahwa besar harapan terhadap program jalan usaha tani di kerjakan secara maximal dan pengawasan yang ektra Dari dinas terkait.

“Sehingga nanti hasil pembangunan betul betul di rasakan manfaat nya oleh para petani ” ucap Hamid akrab di sapa.

Tidak hanya itu ucap Hamid,program jalan usaha tani seyogyanya dapat membantu meningkatkan produktivitas petani sehingga mampu mensejahterakan petani.

“Sebagai fungsi kontrol,kami (red-lsm piar) secara kelembagaan akan terus mengawal dan akan kroscek pada 10 titik program jalan usaha tani itu,karna kami ingin program pembangunan tersebut di kerjakan sesuai dengan RAB ” pungkasnya.(awa)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close