Pemerintahan

Wabup Gresik Ajak Duduk Bersama, Camat Dan Kadis PMD Bahas Dana Desa

Teks foto : Wabup Gresik Bersama Camat Dan Kadis PMD

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Gresik terus berbenah dalam mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Seperti hari ini, Jum’at (12/11), diadakan diskusi bersama antara Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dengan jajaran camat di seluruh Kecamatan bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gresik yang dipimpin oleh Malahatul Fardah.

Wabup dalam keterangannya menjelaskan bahwa camat di seluruh kabupaten Gresik merupakan kepanjangan tangan dari Bapak Bupati sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat di kecamatan masing masing. Wabup juga menjelaskan bahwa dengan adanya Dana Desa, camat harus menjadi pengawas dan membina kepala desa dalam mengelola dana desa masing masing.

“Camat harus bisa memberikan pembinaan dan sebagai fasilitator kepada kepala desa agar nantinya masyarakat di desa merasakan kenyamanan atas pelayanan camat melalui kepala desa,” ujar Wabup.

Bu Min, sapaan akrab Wabup, juga mengajak camat yang hadir untuk terus mendorong Pemerintah Desa untuk meningkatkan fasilitas di setiap kantor kepala desa atau kecamatan masing masing salah satunya adalah keterbukaan informasi dan tersedianya akses internet yang mumpuni untuk memudahkan pelayanan terhadap masyarakat.

Lebih lanjut, Bu Min dalam arahannya juga mengajak kecamatan dan desa di kabupaten Gresik untuk meningkatkan ekonomi warga setempat dengan mengembangkan potensi daerah masing masing. Tidak hanya berlomba lomba menjadi desa wisata, tetapi juga bisa dengan membuat sentra industri khas daerah masing masing.

“Kita pikirkan bersama-sama apa yang bisa diunggulkan di desa masing-masing, agar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan menghasilkan PAD,” ucap Bu Min.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMD Malahatul Fardah mengawali kegiatan diskusi dengan menjelaskan mengenai prioritas penggunaan Dana Desa. Dalam keterangannya, dijelaskan bahwa penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk beberapa hal, diantaranya untuk pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa seperti pembentukan, pengembangan dan revitalisasi BUMDes, penyediaan listrik desa, dan pengembangan usaha ekonomi produktif.

Prioritas selanjutnya adalah program prioritas nasional sesuai kewenangan desa yang meliputi pendataan desa, pemetaan potensi dan sumber daya, pengembangan desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting, serta desa inklusif untuk meningkatkan keterlibatan perempuan desa. Prioritas yang terakhir adalah mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan desa.

Sebelum mengakhiri kegiatan, para camat yang hadir satu persatu menyampaikan permasalahan di masing-masing wilayahnya di hadapan Wabup dan Kadis PMD.

“Masukan dari penjenengan sudah saya catat, kedepan bisa kita jadwalkan lagi untuk kegiatan semacam ini untuk perbaikan bagi kabupaten Gresik kita bersama,” ujar Bu Wabup seraya menutup kegiatan. (Akbar)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close