Ragam

Dankodiklatal Laporkan Kesiapan Pelaksanaan Latihan Armada Jaya Ke-39 TA 2021

Teks foto : Dankodiklatal Laporkan Kesiapan Pelaksanaan Latihan Armada Jaya Ke-39 TA 2021

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Direktur Latihan (Dirlat) Latihan Armada Jaya ke-39 TA 2021 melaporkan kesiapan pelaksanaan Latihan Armada Jaya ke-39 kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M selaku Pemimpin Umum Latihan Armada Jaya ke-39 TA 2021, pada Kamis (10/6/2021) yang lalu.

Laporan kesiapan secara daring tersebut Dankodiklatal berada di Ruang Auditorium gedung R. Sudomo Puslatopsla Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, sedangkan Kasal dan pejabat Utama Mabesal berada di Mabesal Cilangkap Jakarta.

Hadir dalam laporan tersebut para pejabat yang terlibat dalam Latihan antara lain Dirlat Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP selaku Wadirlat Latihan Armada Jaya ke-39, Dirjianbang Laksma TNI Rachmad Jayadi selaku Deputi Olah Yudha (De Oyu), Dankodikmar Brigjen TNI (Mar) Endang Taryo, S.E., M.Si., CHRMP selaku Deputi Strategi, Dirum Kodiklatal Laksma TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP selaku Deminlog, Dankodikdukum Laksma TNI Budi Raharjo selaku Dekomlek dan Dirdok Kodiklatal Laksma TNI Antongan Simatupang selaku Delitbang.

Dalam laporanya Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat menyampaikan secara personil dan material alutsista yang dilibatkan dalam pelaksanaan Latihan puncak TNI Angkatan Laut Armada Jaya ke-39 TA 2021 siap. Untuk daerah latihan yang digunakan antara lain Laut Jawa, Selat Karimata, Selat Gelasa, Laut Banda, Laut Sulawesi, Pulau Singkep dan Pulau Bintan Riau Kepulauan.

Adapun dalam pelaksanaan latihan ini dilaksanakan tiga tahap yaitu tahap Geladi Posko diawali dengan penataran Wasdal, briefing pelaku, persiapan Posko Latihan dan pelaksanaan Geladi posko. Kegiatan ini dimulai tanggal 9 Juni hingga 21 Juni 2021. Untuk tahap Manlap dilaksanakan dari tanggal 26 Juni hingga 10 Juli 2021. Sedangkan tahap pengakhiran tanggal 12 Juli sekaligus dilaksanakan kaji ulang Latihan Armada Jaya ke-39 TA 2021.

Dankodiklatal juga menyampaikan bahwa dalam Latihan ini melibatkan 27 Alutsista KRI, 10 Alutsista Pesawat Udara TNI AL dan 111 Alutsista Kedaraan Tempur (Ranpur) Marinir. Untuk geladi posko melibatkan 1.971 personil tersebar dalam beberapa Kotama yang terlibat latihan diantaranya Kodiklatal, Koarmada I, Koarmada II dan Koarmada III dan Kormar selain itu dari beberapa Lantamal. Sedangkan personil yang terlibat dalam Manlap sebanyak 7.568 personil.

Sementara itu Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam sambutanya menyampaikan agar latihan puncak TNI AL ini dilaksanakan dengan semaksimal mungkin, bagi tim penilai agar melaksaakan penilaian benar benar obyektif, hal ini untuk mengetahui tingkat kemampuan dan profesionalisme prajurit matra laut dan bila ada kekuarangan agar dilaksanakan perbaikan agar SDM TNI menjadi meningkat dari waktu waktu. “Saya berharap Alutsista yang terlibat memiliki kesiapan yang maksimal dan bila belum maksimal masih ada waktu untuk perbaikan dan Tapkonis sebelum pelaksanaan Manlap” tegas Kasal.(Penkodiklatal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close