Pemerintahan

17 Kepala Daerah di Jatim Dilantik Hari Ini di Surabaya

Teks foto : Aries Agung Paewai di Grahadi,

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – 17 Bupati dan Wali Kota di Jawa Timur yang mengikuti Pilkada serentak 9 Desember  2020 lalu, dilantik Jumat (26/2/2021) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Pelantikan dilakukan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang dibagi tiga tahap secara hybrid. Tahap pertama pukul 09.00 WIB, kedua setelah Sholat Jumat pukul 13.00 WIB dan yang ketiga pukul 16.00 WIB.

Gubernur Khofifah menjelaskan, konsep hybrid itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. “Jadi yang di dalam hanya kepala daerah dan wakilnya yang terpilih didampingi pasangannya. Untuk pejabat undangan dari Kabupaten atau kota mengikuti secara virtual di daerah masing-masing,” jelasnya.

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Dalam Negeri, melalui Dirjen Otonomi Daerah (Otda),  sebelumnya rencana pelantikan Kepala Daerah hasil Pilkada 2020 dilaksanakan secara virtual. Namun melihat dinamika, Dirjen Otda menginstruksikan dan menyepakati jika format baku yang akan digunakan dalam pelantikan Kepala Daerah melalui hybrid.

Persiapan acara pelantikan di Grahadi telah dilakukan sejak Rabu (23/2/2021)  Semua lokasi yang ada di Grahadi juga dikondisikan sangat steril, mulai dari pintu gerbang. Juga disiapkan tim kesehatan dari RS Menur, RSUD DR Soetomo dan RS Paru  untuk melaksanakan pemeriksaan sebelum memasuki area pelantikan.

Bagi yang hadir saat pelantikan diwajibkan membawa Surat Keterangan Kesehatan dari hasil negatif PCR minimal H-1. Jika melebihi, tim kesehatan juga menyiapkan rapid antigen saat hari H pelantikan.

Selain itu, Pemprov Jatim juga menyiapkan akomodasi berupa bus bagi kepala daerah yang akan dilantik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Akomodasi ini nantinya untuk mengantar mulai dari hotel menginap hingga ke Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada saat hari pelaksanaan pelantikan

Selama dua hari menjelang pelantikan, seluruh Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan dilantik di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (26/2/2021) dikarantina di Surabaya. Mereka menginap di sejumlah hotel berbintang di kota Surabaya.

Ketua Panitia Pelantikan, Aries Agung Paewai mengatakan di Grahadi, Kamis (25/2/2021), karantina para kepala daerah bersama wakilnya itu, merupakan langkah preventif untuk mencegah penularan Covid-19.

Protokol kesehatan benar-benar diterapkan, agar pelaksanaan pelantikan berjalan lancar dan sukses, jelas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim itu.

Pasangan kepala daerah yang dilantik juga akan dijemput khusus oleh kendaraan yang disiapkan oleh panitia dari hotelnya masing-masing. Sopirnya juga sudah di swab.

Penerapan prokes, juga dilaksanakan pada pelaksanaan pelantikan di Grahadi. Pintu gerbang depan Grahadi disiapkan bilik penyemprotan disinfektan untuk tamu undangan. Panitia juga menyiapkan petugas swab kepada tamu undangan

Jika dalam proses prokes besok ada kepala daerah ataupun wakil kepala daerah yang positif Covid-19 maka prosesi pelantikan dilaksanakan secara virtual saat itu juga. Sesuai dengan sesinya dan di manapun  yang akan dilantik itu berada secara virtual saat itu juga.

Upacara pelantikan hari Jumat, 26 Februari 2021, dibagi tiga sesi. Pertama pukul 09.00, berikutnya setelah shalat Jumat, pukul 13.00 dan sesi ke tiga pukul 16.00 WIB Selama dua hari menjelang pelantikan, seluruh Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan dilantik di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (26/2/2021) dikarantina di Surabaya. Mereka menginap di sejumlah hotel berbintang di kota Surabaya.

Aries menyatakan, Ruang Singhasari Grahadi yang menjadi tempat pelantikan kapasitas asli untuk 250 orang. Tetapi  dibatasi maksimal hanya 50 orang saja.

Jadi, yang hadir di tiap sesi hanya Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah beserta istri, satu orang keluarga.  Setiap daerah yang diperbolehkan masuk hanya 6 orang saja.

Upacara pelantikan hari Jumat, 26 Februari 2021, dibagi tiga sesi. Pertama pukul 09.00, berikutnya setelah shalat Jumat, pukul 13.00 dan sesi ke tiga pukul 16.00 WIB.

Sesi  I (09.00-selesai) :

Sesi  I (09.00-selesai) :
Bupati Trenggalek
Bupati Sumenep
Bupati Situbondo
Bupati Ngawi
Bupati Banyuwangi
Bupati Ponorogo

Sesi  II (13.00-selesai) :
Bupati Blitar
Wali Kota Blitar
Wali Kota Pasuruan
Bupati Malang
Bupati Mojokerto
Bupati Jember

Sesi  III (16.00-selesai) :
Wali Kota Surabaya
Bupati Sidoarjo
Bupati Kediri
Bupati Lamongan
Bupati Gresik

Demikian prosesi pelantikan 17 kepala daerah di Jawa Timur, yang mengikuti Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu. (Yous/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close