Politik

Berdayakan Peran Perempuan Gresik, Qosim-Alif Siapkan Sekolah Perempuan di Setiap Kecamatan

Teks foto : pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim-dr. Asluchul Alif di tengah pemilih wanita

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Program pemberdayaan menjadi salah satu keinginan yang digagas pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim-dr. Asluchul Alif jika terpilih dalam Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020 nanti. Khususnya dalam pemberdayaan perempuan.

Qosim-Alif (QA) menilai bahwa peningkatan potensi dan pemberdayaan perempuan itu sangat penting. Terutama untuk para perempuan di desa yang memiliki pendidikan rendah.

“Perempuan juga harus diangkat potensinya dan diberdayakan terkait emansipasi wanita, atau perempuan harus tumbuh,” kata Pak Qosim, panggilan akrab Cabup nomor urut 1 Mohammad Qosim dalam agenda sambung rasa di wilayah Kecamatan Cerme, Sabtu (7/11/2020).

Untuk itu, Qosim-Alif akan mengakomodir peran para perempuan tersebut. Misalnya lewat lembaga pemberdayaan perempuan yang selama ini sudah berjalan di beberapa kecamatan.

“Ada sekoper (sekolah perempuan) di setiap kecamatan, dan diikuti oleh ratusan perempuan. Di Cerme, juga ada di Wringinanom,” ujarnya.

Qosim-Alif bakal terus mendorong keberadaan sekoper ini untuk para perempuan di Gresik. Sehingga nantinya perempuan-perempuan dengan pendidikan rendah bisa dididik di sekolah perempuan tersebut.

“Kita didik, kita bangun keterampilan dan ide-ide brilian perempuan. Sehingga nanti akan bertambah ratusan perempuan yang diberdayakan,” tambah Pak Qosim.

Salah satu warga yang sudah ikut sekolah perempuan asal Desa Dooro, Kecamatan Cerme, Fitri Oktavani mengaku sangat bangga dengan adanya sekoper di Gresik. “Karena sangat berpengaruh sekali ke kehidupan perempuan, khususnya bagi perempuan yang selalu didiskriminasikan tentang pendidikan rendah. Dan dengan sekolah ini perempuan seperti itu bisa bersaing karena punya kompetensi seperti perempuan pada umumnya,” urai wanita berusia 26 tahun tersebut. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close