Peristiwa

Babinsa Dukun, Kreatif, Meningkatkan Ekonomi Masyarakat dengan Budidaya Udang Vename

Teks Foto : Pelda imam Safi’i bersama masyarakat sedang packing bibit udang vename

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Hoby ditekuni akan berbuah gemilang, seperti yang dilakukam oleh salah satu anggota Babinsa Koramil 0817/Dukun melakukan budi daya Udang Vename. Hal ini di dukung posisi daerah yang mayoritas warganya para petambak. Kesempatan itu dimanfaatkan oleh Pelda Imam Safi’i untuk melakukan penangkaran udang Vanami. Minggu (2/11/2020)

Dengan pengalaman bertambak yang dimiliki Pelda Imam Safi’i, Ia bertekad meningkatkan hasil udang vename tambak tradisional dengan menyediakan bibit unggul di wilayah Dukun Kab. Gresik. Sebagai Anggota TNI AD ia mempunyai cita-cita untuk dapat memberi perubahan diwilayahnya dan menjadi contoh untuk melopori usaha masyarakat disekelilingnya.

Kesuksessan dalam penangkaran bibit unggul udang vename dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, ia kini mendapat kepercayaan Danramil 0817/16 Dukun untuk membantu meningkatkan usaha masyarakat di wilayahnya. Pelda Imam Safi’i menuturkan “Sebagai Babinsa melaksanakan tugas pokok sehari-hari merupakan kewajiban saya, pulang dinas ada waktu luang saya manfaatkan untuk budidaya udang Vename secara Tradisional” ungkapnya

Wilayah yang berada disepanjang Bantaran Sungai Bengawan Solo dan memiliki potensi untuk budidaya Tambak membuat Babinsa Dukun ini mempunyai kesempatan dalam menekuni pekerjaan tersebut “Dalam keseharian saya yang memang selalu berkumpul dengan Masyarakat petambak tradisional, awalnya saya mendapat laporan Banyak keluhan dan rasa pesimis para petambak yang tiap tahun hasilnya menurun. Dari keluhan para petambak tradisional tersebut saya bertekad serta berupaya apa masalah yang dihadapi petambak sehingga hasil panennya kurang maksimal dan selalu menurun tiap tahunnya, dan pada akhirnya saya rembug bareng mencari solusi untuk meningkatkan hasil panen.

“Dengan pengalaman bertambak sebelumnya saya tuangkan kepada masyarakat cara budidaya udang Vaname” tambah babinsa Koramil 0817/Dukun”

Dalam kesempatan tersebut, Pelda Imam Safi’i mengatakan bahwa Inspiratif saya diterima sama Masyarakat Petambak Tradisional dan mereka mengikuti langkah-langkah saya. Pada
Awal mula penjualan 25 rean perhari sekarang sudah 100-200 rean perhari, dengan harga rata-rata per rean Rp. 100.000,-. Alhamdulillah berkah usaha dan terobosan saya selama ini berhasil. Dalam proses penjualan atau Packing saya merekrut tenaga kerja Desa sehingga membantu perekonomian Masyarakat sekitar. (Pendim 0817/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close