Ragam

Sedekah Bumi (Ruwat Desa ) Untuk Mengenang Leluhur Dusun Ngasinan, Desa Kepatihan Menganti

Sedekah Bumi dusun Ngasinan desa Kepatihan

Teks Foto ; Situasi Sedekah Bumi (Ruwat Desa ) Dusun Ngasinan, Desa Kepatihan Menganti

 

 

GRESIK, DORRONLINEnews.com – Tradisi turun temurun dari nenek moyang yang selalu dilestarikan warga dusun ngasinan desa Kepatihan kecamatan Menganti kabupaten Gresik Minggu 09 Agustus 2020 mengadakan acara sedekah bumi atau ruwat desa yaitu sebuah ritual syukuran yang digelar warga karena banyak diberikan rejeki dan kesehatan oleh Allah SWT .

Acara yang dikemas sangat sederhana ini warga membawa tumpeng lengkap dengan kue dan buah ke balai RW untuk di Doa i dan dimakan bersama – sama.

Menurut kepala dusun ngasinan Zainudin ini adalah ritual tahunan yang sudah turun temurun dan untuk tahun 2020 ini tidak bisa terlaksana secara meriah seperti tahun sebelumnya disebabkan adanya pandemi covid – 19 .

Kepala dusun mengucapkan terima kasih kepada semua warga atas terlaksananya acara sedekah bumi ini yang diadakan secara sederhana. Kepala dusun menganjurkan agar semua warga memasang bendera merah putih karena ini bulan Agustus untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia .

Zainudin berpesan kepada semua warganya agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan jangan sampai beda pilihan membuat kita pecah karena tanggal 09 Desember 2020 kabupaten Gresik punya hajat besar yaitu pemilihan Bupati dan wakil bupati (pilbup ).

Dia mengucapkan terima kasih kepada kepala desa Kepatihan karena ditengah pandemi covid -19 ini hampir 90 persen warganya mendapatkan bantuan tunai untuk warga terdampak covid -19 .

Sementara itu kepala desa Kepatihan H Dodik Suprayogi dalam sambutannya agenda siang hari ini mengenang leluhur dusun ngasinan . Pemerintahan desa Kepatihan mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat atas terlaksananya acara ini .

Dihadapan warga ngasinan kepala desa Kepatihan H Dodik Suprayogi mengatakan untuk pembangunan tahun ini kita fokuskan saluran air ngasinan selatan supaya tidak banjir kita akan selalu koordinasi dengan BPD , LPMD ,RW dan tokoh masyarakat ngasinan agar secepatnya terlaksana program ini .

Sementara itu ketua RW 007 ngasinan desa Kepatihan M Ansori Leong mengatakan ini adalah bentuk rasa syukur kita kepada sang pencipta atas segala rejeki dan kesehatan yang diberikan . “Mari kita jaga persatuan dan kesatuan jangan sampai kita mau dipecah belah meskipun beda pilihan , ras dan agama”.  imbuhnya. (Anam/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker