Ragam

Data Terbaru Peta Covid 19 Di Kabupaten Sampang, ODP Dan ODR Bertambah

Pemkab Sampang

Teks Foto :  Peta covid 19 di Kabupaten Sampang

MADURA, DORRONLINENEWS.com-Peningkatan orang dalam resiko (ODR) dan orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur terus bertambah.

Data terakhir dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang per Tanggal 23 Maret,704 ODR dan 18 ODP Virus Corona di Sampang.

“Dibandingkan tiga hari sebelumnya memang ada peningkatan,sekarang 704 ODR dan 18 ODP ujar Sekretaris Dinkes Sampang Asrul Sani,Senin (23/3/2020) siang.

Dia mengatakan,adanya peningkatan jumlah ODR dan ODP virus Corona disebabkan karena banyak masyarakat Sampang yang berkunjung atau datang dari daerah-daerah yang terkonfirmasi terjangkit virus yang berasal dari Wuhan, Cina tersebut.

“Kita lakukan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan terhadap ODR dan ODP selama 14 hari.

Jika selama masa inkubasi tersebut tidak terjadi apa-apa itu artinya mereka dinyatakan sehat tuturnya.

Namun sebaliknya apabila mereka sakit dan timbul gejala,maka status orang itu akan dinaikkan dari ODP ke ODR dan ODR menjadi pasien dalam pemantauan (PDP).

Untuk menekan penularan virus Covid 19, hari ini seluruh petugas yang tergabung dalam Tim Satgas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Sampang melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh tempat fasilitas umum dan pelayanan di Sampang, baik menggunakan alat fogging dan warer canon.

“Tempat keramaian seperti terminal pelabuhan dan pasar serta lainnya tak luput dari penyemprotan,sosialisasi juga kami lakukan kepada masyarakat menggunakan pengeras suara,semua terlibat dalam pencegahan ini yaitu petugas gabungan dari Dinkes, TNI/Polri, BPBD,Diskominfo,PMI,dan relawan jelasnya.

Dirinya menghimbau agar masyarakat yang masuk kategori dalam resiko (ODR) maupun dalam pemantauan (ODP) melakukan isolasi mandiri dengan berdiam dirumah serta membatasi pertemuan yang berinteraksi dengan orang banyak.

Apabila ada kegiatan maka waktunya harus dipersingkat dan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap semua warga atau tamu undangan yang hadir,hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

“Jika ada warga yang sakit sebaiknya diupayakan tidak ikut dalam acara apapun dan segera periksakan diri ke Puskesmas terdekat,dan jangan lupa selalu waspada dan menjaga kesehatan harapnya.(awa/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close