Ragam

Karo Humas Dan Protokol Membuka Rakor Pengembangan Potensi Kerjasama LN

Rakor Humas

Tingkatkan Kerjasama Luar Negeri,Karo Humas Jatim Tekankan Pentingnya Sinergi Kepala Biro (Karo) Humas dan Protokol Jawa Timur, Aries Agung Paewaimenekankan pentingnya memperkuat sinergi antara Pemprov Jatim dan PemerintahKabupaten/Kota se-Jatim, untuk meningkatkan kerjasama luar negeri, khususnya denganmitra luar negeri. Hal itu disampaikan Aries-sapaan akrabnya, saat Rapat Koordinasi PengembanganPotensi Kerjasama dengan Mitra Luar Negeri, di Hotel Majapahit Surabaya, Rabu (25/9)sore.

Karo Aries mengatakan, melalui sinergi tersebut, akan terjadi transfer ilmupengetahuan dan teknologi, pengalaman, serta kemampuan teknis, antara Pemprov Jatimdengan kabupaten/kota, dalam mengembangkan dan menjalin kerjasama luar negeri.Misalnya, menjalin kerjasama sister city, atau sister province dengan negara lain.

“Ini merupakan langkah strategis untuk menunjang program kegiatan yangdilakukan oleh kepala daerah. Apalagi, Ibu Gubernur Khofifah juga memiliki program NawaBhakti Satya untuk mendukung peningkatan kerjasama, yang tentunya melibatkan seluruhpemerintah kabupaten/kota di Jatim. Mari kita lihat peluang luar biasa ini,” katanya.

Pentingnya menjalin sinergi tersebut, lanjut Karo Aries, salah satunya karena saatini ekspor luar negeri Jatim mengalami penurunan. Karena itu, diharapkan melalui sinergiyang baik antara Pemprov dan Kabupaten/Kota, maka akan terbuka peluang maupunpotensi kerjasama baru, yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekspor luar negeriJatim.“Jadi bukan hanya untuk keuntungan atau kepentingan pemerintah provinsi saja,tapi juga untuk kepentingan pemerintah kabupaten kota. Mari kita kembangkan sayap, tidakhanya di Jawa Timur, tapi bisa juga dikembangkan ke provinsi-provinsi lain,” katanya.

Lebih lanjut pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan itu mengatakan, menjalinkerjasama bukan hanya sebatas mengurus perizinan pimpinan, atau membuatMemorandum of Understanding (MoU) saja, tapi juga memperkuat kerjasama pentinglainnya yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya.“Contohnya, bagaimana kerjasama kita dalam mengatasi kekurangan beras,kekurangan ternak, atau kekurangan energi, itu bisa dipenuhi melalui kerjasama, baik antarkabupaten/kota, maupun antar provinsi. Peluang-peluang seperti ini yang harus kitatangkap,” lanjutnya.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Rakor, Cipto Wibowo mengatakan, gunameningkatkan kerjasama, baik dalam maupun luar negeri, pihaknya telah membuat aplikasisimasker yang dapat diakses secara online dan realtime melalui lamanwww.kerjasama.humasjatim.id Cipto menambahkan, aplikasi tersebut memuat data dan informasi terkait kerjasamayang telah dilakukan di Jatim. Baik antara Pemprov Jatim dengan kabupaten/kota, PemprovJatim dengan mitra kerja luar negeri, maupun sesama pemerintah kabupaten/kota,pemkab/kota dengan luar negeri, maupun informasi kerjasama dengan pihak ketiga. “Kami akan terus mengembangkan aplikasi ini, semoga tahun depan bisa lebihkomplit, lebih bagus dan bisa dimanfaatkan dan diintegrasikan oleh teman-teman dikabupaten/kota. Misalnya temen-temen ingin melihat kerjasama Jawa Timur denganAustralia, Tiongkok, dan lainnya, itu bisa dilihat melalui aplikasi ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Cipto mengatakan, rapat koordinasi ini diselenggarakan sebagai mediadiskusi perencanaan dan pembangunan melalui pendekatan kerjasama luar negeri,memperkuat pemahaman pemangku kepentingan tentang arti penting kerjasama luar negeri.Kemudian, mendefinisikan praktek baik implementasi program kerjasama oleh Mitralembaga internasional dengan Pemprov Jatim, memperoleh ide pengembangan kerjasamadengan pemerintah luar negeri didasarkan pada pendekatan Tujuan PembangunanBerkelanjutan alias Sustainable Development Goals (SDG’s).
Rakor yang dihadiri 60 peserta yang menangani bidang kerjasama danperencanaan pembangunan dari perangkat daerah provinsi Jawa Timur dan kabupaten kotase-Jatim ini mengundang dua narasumber yang merupakan mitra kerjasama luar negeriPemprov Jatim, yakni Ibu Dina Limanto, Program Koordinator Provinsi Asian DevelopmentBank (ADB) Kinerja, serta Anton Baare, Penasehat Asian Development Bank (ADB). (Yous)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close