Peristiwa

Pemerintah Desa Karangcangkring Dukun Tingkatkan Produktivitas Pertanian dengan Pavingisasi Jalan

Teks foto : Mansur (berkopyah) Kepala Desa Karangcangkring saat meninjau pengerjaan pavingisasi jalan lingkungan yang juga menjadi akses jalan pertaniaan warga, Kamis (17/10/2024).

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Desa Karangcangkring, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik menjadikan perbaikan akses jalan lingkungan yang juga sekaligus sebagai jalan pertanian menjadi program prioritas Pembangunan Desa.

Program Pembangunan pavingisasi jalan ini menjadi prioritas karena jalan yang sebelumnya sudah terpaving tersebut sudah rurak berat akibat pergeseran tanah, maka diri itu perlu perbaikan total.

Kepala Desa (Kades) Karangcangkring Mansur mengatakan anggaran yang digunakan untuk pavingisasi jalan ini yakni dari Dana Desa (DD) dengan spesifikasi Panjang 288 meter dan lebar 3,5 meter.

“Progres Pembangunan juga sudah melalui rapat Musyawarah Desa (Musdes), semua sepakat pavingisasi ini menjadi program prioritas karena jalan tersebut menjadi akses keluar masuk warga menuju pasar dan sebagai akses jalan pertanian,” tuturnya, Kamis (17/10/2024).

Pavingisasi jalan ini juga diharapkan dapat memberikan sejumlah manfaat yakni Memudahkan akses Petani kini dapat dengan mudah membawa hasil panen ke pasar, sehingga harga jual komoditas pertanian dapat lebih stabil.

Mencegah kerusakan hasil panen Jalan yang baik akan mengurangi risiko kerusakan hasil panen selama proses transportasi. Dan meningkatkan nilai tanah Aksesibilitas yang lebih baik akan meningkatkan nilai tanah pertanian, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani.

Mansur menambahkan Pembangunan ini menjadi penting karena mayoritas profesi Masyarakat Karangcangkrik adalah Petani.

“ ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani. Kami berharap dengan adanya jalan yang baik ini, terutama produktivitas pertanian di desa kami dapat terus meningkat,” pungkas Mansur. (Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close