Peristiwa

Melalui Posyandu, Pemdes Dadapkuning Pantau Tumbuh Kembang Balita

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Sebagai komitmen untuk mencetak generasi unggul desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Dadapkuning, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk balita di Balai Desa setempat, Rabu (11/9/2024).

Kepala Desa (Kades) Dadapkuning, H.Saikun mengapresiasi masyarakat desa setempat yang mendukung kegiatan posyandu bulanan ini. Dukungan ini menjadi komitmen bersama untuk mencetak generasi unggul masa depan Desa Dadapkuning.

“Untuk mencetak generasi unggul, tentu dibutuhkan pertumbuhan yang optimal dari setiap anak, baik pertumbuhan jasmani maupun rohani. Dalam posyandu di Dadapkuning ada sebanyak 85 balita yang ikut dalam kegiatan ini. Mereka dipantau pertumbuhan dan perkembangannya per bulan,” ujar Kades.

“Kegiatan ini juga membantu Pemerintah untuk menekan angka stunting maupun Angka Kematian Balita (AKB),” imbuhnya.

Dalam posyandu di Dadapkuning, setiap balita mengikuti penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala, evaluasi tumbuh kembang, dan pemberian penyuluhan atau konseling bagi para orang tua. Selain itu, para balita juga mendapatkan makanan tambahan, pencatatan Kartu Menuju Sehat (KMS).

Terakhir, setiap balita juga mendapatkan imunisasi. Adapun imunisasi yang diberikan secara bertahap antara lain imunisasi Bacillus Calmette Guerin (BCG) yang bertujuan untuk melindungi bayi dari penyakit tuberkulosis (TB), imunisasi Polio, DPT untuk melindungi anak dari penyakit difteri, pertusis, dan tetanus.

Balita juga mendapatkan imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) yang berfungsi untuk mencegah infeksi bakteri pneumokokus, jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti pneumonia dan meningitis; Terakhir imunisasi Measles and Rubella (MR) untuk membentuk kekebalan (antibodi) melawan virus penyebab campak dan rubella.

“Dalam pemberian imunisasi kami berkolaborasi dengan petugas kesehatan dari Puskesmas,” pungkasnya. (Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close