Pendidikan

Pembukaan Matsama MAN Lumajang “Jelajahi Duniamu, Temukan Potensimu”

LUMAJANG, DORONLINENEWS.COM – Kegiatan pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MAN Lumajang tahun pelajaran 2024-2025 berlangsung meriah dengan tema “Jelajahi Duniamu, Temukan Potensimu”. Acara ini diadakan di lapangan Sport Center, Senin (15/07/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh siswa-siswi MAN Lumajang sebanyak 812 orang, termasuk 286 siswa baru, serta seluruh dewan guru dan pegawai sejumlah 84 orang. Edi Nanang Sofyan Hadi S Ag M Pd selaku Kepala MAN Lumajang, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembukaan Matsama ini merupakan bentuk penyambutan kepada siswa baru agar mereka lebih mengenal lingkungan madrasah.

“Selain itu, siswa juga akan lebih mengenal para ustadz dan ustadzah yang nantinya akan mendampingi, mendidik, dan mengajar mereka di MAN Lumajang. Kami menekankan pentingnya disiplin dalam mengatur kehidupan belajar agar dapat menyeimbangkan antara belajar dan bersosialisasi di masyarakat”, ujar Nanang.

Kegiatan ini didukung oleh seluruh organisasi kesiswaan yang ada di MAN Lumajang, termasuk pengurus OSIS, PMR, UKS, dan lab agama. Semua organisasi ini berperan penting dalam mewujudkan madrasah yang maju, bermutu, dan mendunia. Partisipasi aktif siswa madrasah dalam berbagai kegiatan diharapkan dapat berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan dan mempersiapkan generasi emas 2045 yang siap, handal, dan profesional.

Kegiatan pembukaan Matsama juga diisi dengan berbagai acara menarik yang dirancang untuk memperkenalkan siswa baru kepada kehidupan di madrasah. Ada sesi pengenalan lingkungan sekolah, yang mencakup fasilitas-fasilitas penting seperti perpustakaan, laboratorium, dan ruang-ruang kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, para siswa baru diajak untuk mengikuti berbagai permainan dan aktivitas kelompok yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan kerja sama di antara mereka.

Tak ketinggalan, para ustadz dan ustadzah juga memberikan materi pengenalan tentang tata tertib dan budaya yang berlaku di MAN Lumajang. “Hal ini penting agar siswa baru dapat segera beradaptasi dengan lingkungan baru mereka dan memahami harapan serta tanggung jawab yang akan mereka emban sebagai bagian dari keluarga besar MAN Lumajang”, ungkapnya.

Acara ini diakhiri dengan penampilan seni dan budaya dari siswa-siswi senior, yang menampilkan berbagai kreativitas mereka dalam bidang seni tari, musik, dan teater. Penampilan ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menjadi inspirasi bagi para siswa baru untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan seni dan budaya di madrasah.

Dengan tema “Jelajahi Duniamu, Temukan Potensimu”, Matsama MAN Lumajang 2024-2025. “Harapan kami menjadi awal yang baik bagi siswa-siswi baru untuk mengenal potensi diri mereka, mengeksplorasi dunia baru, dan mempersiapkan diri untuk meraih prestasi yang lebih tinggi di masa depan. Selamat datang di MAN Lumajang, tempat di mana mimpi-mimpi besar dimulai dan potensi diri dikembangkan untuk meraih kesuksesan yang gemilang”, pungkas Nanang. (Jwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close