Peristiwa

Plt. Bupati Gresik Hadiri Langsung Giat Seminar Kepemudaan di Desa Bedanten Bungah Songsong Dunia Industri

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM- Dalam rangka menguatkan peran kepemudaan dalam menyongsong dunia industri, Karang Taruna “Kerabat” berikut Aliansi Kepemudaan Desa Bedanten Bungah menggelar Seminar Kepemudaan, Senin (14/10/2024) di Balai Desa setempat.

Kegiatan dengan menghadirkan Plt. Bupati Gresik Dr. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd sebagai Keynote Speaker ini mengusung tema “Penyiapan Generasi Muda Ber – Attitude, Ber – Kompetensi, Sehat Jasmani dan Rohani ; Supaya Siap, Cakap dalam Menyongsong Dunia Industri di Kabupaten Gresik”.

Acara di mulai dengan Penyambutan oleh Para Pendekar Pagar Nusa Gabungan dari berbagai desa se-Kecamatan bungah, mempersembahkan jurus kanuragan yang dikemas secara apik dan baik, menunjukkan generasi muda haruslah kuat secara mental, fisik dan berkarakter santri.

Selanjutnya, acara dimulai dengan persembahan paduan suara dari rekan rekanita PR. IPNU – IPPNU, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Syubbanul Wathon dengan penuh semangat diikuti tamu undangan beserta seluruh peserta yang hadir.

Dr. Hj. Aminatun Habibah,bM.Pd selaku Plt.Bupati Gresik dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas undangannya dari Pemerintahan Desa Bedanten, Muspika Kecamatan Bungah, Aliansi Kepemudaan Desa Bedanten, tentunya atas bimbingan Tim Melek Industri.

“Semoga dengan seluruh ikhtiar yang dilakukan, dibarengi dengan niat yang baik, sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi warga masyarakat Kabupaten Gresik.
Perusahaan atau investor yang masuk ke Kabupaten Gresik, wajib menyampaikan adanya peluang ketenagakerjaan, berikut skill apa saja yang di butuhkan,” tandas Ning Min sapaan akrabnya.

Untuk itu, mari kita siapkan kompetensi tersebut, agar lebih siap serta tidak ketinggalan lagi. Dirinya berpesan untuk para generasi muda, sekolah yang pinter, sregep, jangan bolosan, jaga attitude, kuasai skill, usahakan sehat jasmani dan rohani.

Ke depan anak-anak semua, akan bersaing dengan banyak orang dari berbagai daerah, bahkan orang asing. Di KEK JIIPE, misalnya sudah ada Perusahaan Xinyi, Hailiyang. Mari kita sambut dengan penguatan skill bahasa, misalnya bahasa Inggris, termasuk juga bahasa Mandarin / Cina. “Semoga anak-anak semua menjadi anak yang sholeh dan sholehah,” harapnya serius.

“Saya tutup dengan pantun ‘Bedanten Desa di Kecamatan bungah Tempat anak-anak menuntut ilmu, Mari siapkan sdm generasi muda untuk Gresik semakin maju’,” ucap Ning Min disambut tepuk tangan meriah dari seluruh hadirin.

Sementara Camat Bungah Izzul Muttaqin didampingi Kapolsek, Koramil, termasuk Kepala Desa Bedanten mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas undangan yang diberikan. “Saya mewakili Muspika Kecamatan Bungah sangatlah mengapresiasi atas kegiatan seminar kepemudaan kali ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Camat Bungah menegaskan, tema yang diangkat sangat baik, tepat dan cakap.
Ikhtiar kita semua, dalam mewujudkan sdm generasi muda lebih siap dalam dunia industri. Attitude, Skill, Jiwa raga yang sehat adalah kunci utama dalam memasuki dunia kerja. Makanya wajib, untuk semua adik-adik, jauhilah narkoba.

Di tempat yang sama, Direktur LBH Universitas Qomaruddin Gresik Nur Faizah juga menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan yang diberikan dalam acara Seminar kepemudaan yang di gagas oleh Pemdes, Aliansi Kepemudaan dan Tim Melek Industri.

“Semoga kegiatan kali ini, dapat memberikan manfaat, untuk semua adik -adik, para generasi muda. Tentunya dalam memasuki dunia industri yang berkembang pesat di kabupaten Gresik, khususnya di KEK JIIPE, dengan berbagai perusahaan seperti PT. Freeport Indonesia, PT. Xinyi, PT. Hailiyang dan lainnya,” jelasnya.

“Untuk memasuki dunia industri, wajib mempunya attitude yang baik, berkompetensi, ditambah jiwa yang sehat. Pas dengan tema yang kali ini diangkat oleh panitia, itu merupakan kunci penting agar adek adek semua bisa link dan match dengan dunia industri,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Tim BNN Kabupaten Gresik, yang diwakili oleh Tri Juli Yansah, S.Pd didampingi Etarine Agustine memaparkan,
mraknya narkotika dan obat-obatan terlarang banyak mempengaruhi mental dan sekaligus pendidikan bagi para generasi muda saat ini. Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja seringkali berawal dari coba-coba. Namun bila sudah kecanduan akan sangat sulit untuk mengobati kecanduan tersebut.

Narkoba adalah ancaman serius bagi generasi muda. Dengan kerja sama yang kuat dari pemerintah dan masyarakat, kita bisa menciptakan lingkungan yang bebas dari narkoba. Melalui program sosialisasi dan partisipasi aktif warga, diharapkan dapat terbentuk komunitas yang peduli dan sadar akan bahaya narkoba.

“Bahaya narkoba di Kabupaten Gresik sudah sangat urgent, menyebar ke mana-mana. Para Generasi muda, jangalah sampek ikut mengkomsumsi karena memang sangat berbahaya.Mari Bersama-sama, untuk menjaga peredarannya, jangan lengah dan kecolongan,” tandasnya penuh harap.

Dalam kegiatan yang penuh manfaat ini, Lukmanul Hakim didamping oleh Lestari Widodo selaku Pembina Tim Melek Industri menyampaikan, Jargon Peduli, Terpangil, Bergerak dan Hadir, Semangat Mengabdi adalah semangat dalam gerak langkah dan merupakan ikhtiar untuk berpartisipasi aktif dalam mengikuti dinamika industrialisasi di Kabupaten Gresik. Khususnya di KEK JIIPE, berikut perusahaan di dalamnya seperti PT. Freeport Indonesia, PT. Xinyi, PT. Hailiyang dan lainnya.

Adapum Program Kerja yang rutin dilaksanakan oleh Tim.Melek Industri seperti:

1 ). Ngaji Industri, untuk menjawab bagaimana penguatan attitude atau akhlak pada generasi muda.

2 ). Konseling Ketenagakerjaan, sebagai bentuk edukasi perihal apa pun dinamika industri yang berkembang, khsusnya peluang pekerjaan. Bersifat gratis dan Free, tidak dipungut biaya apa pun.

3 ). Penyiapan SDM, mengingat skill adalah instrument penting agar bisa masuk dalam perusahaan. Untuk itu, Melek Industri kerjasama dengan pihak ahli, Balai Diklat, Workshop, termasuk dari Kementerian terkait.

4 ). Kemitraan, dilakukan sebagai bentuk jaringan dan networking, supaya saling sinergi dan kolaborasi sesuai perkembangan dinamika industri yang sedang berprogres.

Sedangkan dari Perwakilan Pelaku Industri Syaifudin Firmansyah PT. BKMS JIIPE, didampingi juga dari Ulfi dari PT.Xinyi menyampaikan ucapan terima kasih atas undangannya dari Aliansi Kepemudaan, juga supportingnya secara konsisten serta fokus oleh wadah komunitas Melek Industri dalam menjaga masyarakat agar peka di dunia industri.

“Pesen saya untuk adek – adek semua, bahwa kesuksesan tidak dapat diperoleh secara instan, tapi harus dengan perjuangan. Mari kita buktikan, semuanya bisa dan semangat dalam mewujudkan cita – cita untuk bisa hidup lebih baik serta sejahtera,” cetusnya.

Apabila melihat tema dalam seminar kepemudaan, sangatlah pas sekali. Kami dari pelaku industri, merasa banyak dibantu, dalam rangka penguatan sdm masyarakat yang baik di Kabupaten Gresik. “Ke depan, mari kita jaga sinergi dan kolaborasi, antara pelaku industri dan masyarakat untuk menciptakan stabilitas dan kondusivitas,” pintanya.

Untuk diketahui, acara Seminar Kepemudaan kali ini, diikuti oleh seluruh aliansi pemuda seperti Kartar, Ansor, Fatayat, IPNU, IPPNU, Osis MA. Mambaul Ulum, Remas Baitul Muttaqin, Pagar Nusa, Penggerak Melek Industri, penggerak luar desa, luar kecamatan di wilayah Kabupaten Gresik. Termasuk juga supporting dari jajaran Pemdes Bedanten, BPD, LKD, RT, RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta Unsur Pendidikan.

Peserta hadir sangat antusias dan bersemangat, termasuk keberadaan Pendopo Balai Desa tumpah ruah alias meluber. Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan hikmat, fokus dari awal sampai akhir.

Acara ditutup dengan Ikrar Bahaya Narkoba oleh Rekan Laksono Budi Santoso diikuti seluruh peserta, dan dilanjutkan tanda tangan Deklarasi Komitmen Perang Melawan Narkoba di banner yang sudah disediakan oleh panitia.

Keberadaan industri yang berkembang pesat, khususnya di KEKJIIPE, berikut adanya perusahaan di dalamnya seperti PT. Freeport Indonesia, PT. Xinyi, PT. Hailiyang dan lainnya. Mari kita sambut dengan penyiapan SDM Generasi Muda yang attitudenya baik, Skill yang berkompetensi, serta sehat jasmani rohani.

Semoga dalam segala perjuangan, ikhtiar akan membawa manfaat, serta kesejahteraan bagi warga masyarakat Gresik, generasi penerus, termasuk anak cucu kita kelak nanti.
Tetep dalam konsistensi ; Peduli, ter – Panggil, Ber – Gerak, Hadir, SEMANGAT MENGABDI. (Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close