Peristiwa

Wajah Baru Wisata Kuliner “Sumber Tiyo” Desa Tempeh Tengah Idaman Masyarakat Lumajang

LUMAJANG,DORRONLINENEWS.COM – Wisata Sumber Tiyo, desa Tempeh Tengah, kecamatan Tempeh, kabupaten Lumajang disamping wujudnya hanya sebuah pemandian kedepannya akan dijadikan wisata kuliner dengan latar belakang pemandian. Hal ini untuk mengikuti persaingan yang sudah marak dengan pemandian, ide cemerlang sosok kepala desa Tempeh Tengah.

Mansur Sah kepala desa Tempeh Tengah bersyukur, di awal pemandian “Sumber Tiyo” dirilis pemandian tersebut pengunjung sudah ramai. “Padahal saat itu pembangunan masih belum maksimal, sehingga rencana saya lakukan PAK untuk penganggaran akhir tahun ini untuk penambahan bangunan-bangunan sekaligus pendirian lapak-lapak kuliner. Alhamdulillah sekarang sementara sudah saya dirikan lapak-lapak untuk pelaku UMKM warga setempat sejumlah 9 lapak, termasuk persewaan ban”, ujar Mansur saat diwawancarai awak media.

“Untuk status kepemilikan, pemandian Sumber Tiyo ini milik desa, penggunaan airnya memang milik pengairan yang dimanfaatkan oleh desa. Untuk sementara ini wisata kulinernya masih jualan makanan kecil, rencana kita dirikan lapak-lapak untuk makanan jenis masakan-masakan khas Jawa. Untuk launching pemandian “Sumber Tiyo” InsyaAllah dilaksanakan hari Minggu (01/09/2024)”, jelas Mansur.

Pemandian “Sumber Tiyo” berawal dari sumber sumber mata air yang dibendung untuk kebutuhan mandi warga, selanjutnya untuk mengairi sawah-sawah warga sampai ke sawah desa sebelah yaitu desa Sumberjati, kecamatan Tempeh. “Untuk pemanfaatan pengairan, desa Sumberjati tidak terganggu sama sekali karena justru menguntungkan beliau. Karena sumber kita rawat, sehingga debit air bertambah besar”, pungkas Mansur.

Berkembangnya pemandian Sumber Tiyo menjadi wisata kuliner mendapat apresiasi warga, Antusias warga menambah dukungan berkembangnya Sumber Tiyo hingga menjadi idaman masyarakat Lumajang melalui media sosial. Karena bisa menciptakan lapangan pekerjaan, dengan melalui UMKM yang ada di wisata kuliner Sumber Tiyo tersebut. Dan diutamakan yang berjualan disitu adalah warga sekitar wilayah Sumber Tiyo, menambah hidupnya perputaran uang di wilayah desa Tempeh Tengah. (Jwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close