Peristiwa

Musdes RKPDes TA 2025 Dan DU Tahun 2026 Desa Lampah Akan Ciptakan Nuansa Baru Lampah Lebih Mandiri

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa Lampah, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik menggelar Musyawarah Desa (Musdes ) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun Anggaran (TA) 2025 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah desa (DU RKP) Desa Tahun 2026. Rabu (11/09/2024). Malam

Kegiatan tersebut digelar di Kantor balaidesa Lampah dengan dihadiri oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Kholifah dengan didampingi Kasi pemerintahan dan pembangunan Kecamatan Kedamean, Kepala Desa (Kades) Lampah Suwandi bersama Ketua TP PKK Desa Lampah, Ketua BPD beserta anggota, LPMD, LKD, pendamping desa,Dirut BUMDES, Kader kesehatan, Babinsa, Babinkamtibmas, ibu PKK, Ketua RT, RW, Karang Taruna, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat.

Kepala Desa Lampah Suwandi mengawali sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang sudah menyempatkan hadir dalam rangka Musdes RKPDes tahun anggaran 2025 dan DU RKP 2026 malam hari ini, ucapnya.

Kades Lampah Suwandi mengatakan bahwa dalam upaya menjadikan desa lampah menjadi desa berdaya, maju dan mandiri dan syukur alhamdulillah ditahun 2015 hingga 2021 Desa Lampah menjadi Desa berdaya dan ditahun 2021 hingga 2024 ini desa Desa lampah sudah masuk menjadi Desa maju, untuk itu tinggal sedikit lagi Desa Lampah ini bisa menjadi Desa yang Mandiri, ungkapnya.

“Dalam hal ini kita harus ada moto yang harus kita ciptakan bersama yakni “Nuansa Baru Lampah Lebih Mandiri” untuk itu di tahun sebelumnya Desa Lampah sudah masuk kategori Desa Berdaya dan Maju, untuk ditahun 2025 besok Desa Lampah harus bisa menjadi Desa yang Mandiri” ujar Kades Lampah Suwandi.

Suwandi Kades Lampah menerangkan bahwa dalam mencapai Desa yang Mandiri perlu dibangun gotong royong dan kebersamaan, dibangun pola pikir yang maju pola pikir yang lama harus dibuang, jangan ada lagi pola kerja yang malas atau mengeluh dan pola kerja yang monoton, maka dari itu pada hari ini bersama Ketua BPD beserta jajaran dan seluruh perangkat mengajak semua dari seluruh elemen yang hadir untuk bersama sama melakukan perubahan.

“Menuju Desa yang mandiri harus kita lupakan kerja yang malas karena itu adalah penyakit kita bersama untuk itu kita harus berani yakin dan optimis untuk perubahan untuk menjadikan Desa Lampah menjadi Desa yang Mandiri”, terangnya.

Suwandi juga menjelaskan bahwa di Desa Lampah ini kita memiliki BUMDES yang sudah berbadan hukum dan juga memiliki subjek yang bisa kita galih bersama, untuk itu dengan adanya BUMDES yang sudah berbadan hukum ini marilah kita bersinergi bersama menggali subyek yang ada untuk menjadikan Desa Lampah ini menjadi Desa yang Mandiri di tahun 2025 sehingga Moto kita “Nuansa Baru Lampah Lebih Mandiri” juga tercapai, pungkasnya.

Sementara Camat Kedamean Irwanto melalui Sekcam Kedamean Kholifah menyampaikan bahwa kegiatan Musdes RKPDes ini merupakan kegiatan rutinitas tiap tahun yang mana sudah ada Tim yang menggali segala usulan yang diusulkan oleh seluruh masyarakat yang mana akan dijadikan prioritas dalam kemajuan Desa dari desa berdaya, Maju hingga Menjadi Desa yang Mandiri.

“Jika ingin menjadi Desa yang Mandiri banyak syaratnya dan harus ada inovasi dan kerjasama yang baik”, imbuhnya.

“Dalam Musdes RKPDes ini tim sudah menampung semua usulan usulan yang telah didapatkan namun harus diketahui segala usulan tersebut tetap menyesuaikan anggaran yang ada yang mana usulan usulan tersebut juga harus dilakukan perengkingan untuk menjadi skala prioritas dalam pembangunan Desa dan usulan yang belum terealisasi bisa dimasukkan kedalam DU di tahun berikutnya”, ujar Sekcam Kedamean Kholifah.

“Jadi semua rencana atau usulan yang sudah ditampung tetap menyesuaikan anggaran yang ada”, imbuhnya.

Sekcam berharap, semoga Musdes RKPDes TA 2025 dan DU tahun 2026 Desa Lampah yang dilaksanakan pada malam hari ini bisa berjalan dengan lancar, seluruh program atau usulan yang telah dicantumkan dalam daftar usulan bisa terealisasi. (R_wan)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close