Peristiwa

Semangat 45, Kades Sugiono Mengikuti Karnaval Pawai Budaya Dirgahayu ke-79 RI

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Masih berlanjut, setelah usai karnaval Tingkat TK dan SD pada hari Rabu, (21/08/2024) kemarin, saatnya pada hari ini Kamis (22/08/2024), Pemerintah Kecamatan Mantup menggelar Carnival tingkat SMP tsanawiyah se Kecamatan Mantup, dan Karnaval di tingkat SMP, SMA sederajat dan tingkat umum dalam rangka menyambut HUT ke- ke-79 RI. Dengan mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Acara digelar dengan sangat meriah dan menghadirkan Instansi Pemerintahan Kecamatan dan Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Mantup turut berpartisipasi bertindak sebagai tamu undangan kehormatan yang juga menjadi peserta karnaval.

Pelepasan keberangkatan pawai carnival dan karnaval di mulai pukul 14.00 WIB dan di lepaskan oleh Camat Mantup Suwanto Sastrodiharjo pertanda di mulainya pawai carnival dan karnaval kebudayaan dalam rangka menyemarakkan Peringatan HUT ke-79 RI tahun 2024.

Menjadi peserta pertama parade kebudayaan (Carnival) dari SMP Tsanawiyah dan Aliyah se Kecamatan Mantup dan di ikuti tamu kehormatan dari Camat Mantup Suwanto Sastrodiharjo dan Kades se Kecamatan Mantup beserta jajarannya se Kecamatan Mantup, yang selanjutnya di ikuti oleh peserta Karnaval dari tingkat SMP, SMA, sederajat dan dibelakangnya paling ujung yakni peserta karnaval Tingkat umum.

Sebagai informasi, untuk total peserta keseluruhan 17 Tim, dan Rutenya sendiri di berangkatkan start dari lapangan Desa Tugu kemudian keliling pawai masuk Desa Tugu, keluar jalan raya Lamongan – Mojokerto dan menuju ke finish Lapangan seberang pendopo Kecamatan Mantup.

Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberdadi Kades Sugiono menjadi Maskot dari salah satu peserta tamu kehormatan dari Pemerintah Kecamatan dan Kades se-Kecamatan Mantup. Beliau bersama istri tercinta mengendarai kereta kencana kepala naga raksasa bertuliskan “PUSAKA JAGAD” yang sangat luar biasa dengan warna kuning keemasan.

Jelas terlihat Karismatik yang tinggi sangat gagah nan menawan, bak Raja dan Ratu ia mengenakan busana kerajaan warna merah maron dengan kombinasi bawahan warna kuning, dalam perjalanan H. Nono panggilan akrab Kades Sumberdadi memberikan pelik kemerdekaan dengan suara lantang “Merdeka…,Merdeka…,Merdeka…!” Membuat penonton terkesima.

Guna menambah semangat, ia tak perdulikan panasnya terik matahari yang menyengat H. Nono menyebarkan sejumlah uang (saweran) terhadap para penonton yang ada di bahu jalan (trotoar) di sepanjang rute yang di tempuh.

Para penonton pun antusias menyambut dengan gemuruh atas kedatangan Kereta Kencana yang di kendarai Kades yang di kenal dermawan tersebut. Bagaimana tidak senang..? H. Nono sambil berjoget dan tak henti sawerannya disebarkan di sepanjang jalan rute yang di lintasi menuju Finish, uang yang disebarkan pun jadi rebutan para penonton, bahkan terlihat emak emak dari beberapa peserta karnaval juga ikut berebut uang yang di sebarkan.

“Terima kasih pak kades, yang banyak pak…! Sehat selalu dan banyak rejeki ya pak kades,” celetuk emak emak salah satu peserta karnaval dengan wajah sumringah dan semangat berebut uang.

Sesampainya di Finish sambutan hangat dari para penonton ditambah lagi keseruan dari komentator yang lucu dan penuh canda tawa membuat penonton merasa terhibur.

Saat di temui awak media H. Nono mengucapkan apresiasinya terhadap Camat Mantup dan seluruh kepala Desa se-Kecamatan Mantup,”Saya ucapkan terima kasih kepada pak Camat dan seluruh Kades yang sudah berperan aktif ambil bagian dari kegiatan ini, dimana kegiatan ini telah mencuri ribuan mata untuk melihat penampilan pada saat pawai budaya tahun 2024 ini,”ungkapnya.

Sebelum mengakhiri percakapannya H. Nono meminta terhadap instansi pemerintah kecamatan maupun pemerintah desa dan juga ke masyarakat untuk tetap solid. “Untuk itu, saya mohon kepada Kepala desa serta perangkat desa dan masyarakat untuk tetap kompak dan solid. Karena kekompakan dan kesolidan adalah sebagai modal dasar kita melangkah kedepan,” tutupnya.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close