Peristiwa

Forkopimda Kabupaten Lumajang Laksanakan Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Di Taman Makam Pahlawan

LUMAJANG,DORRONLINENEWS.COM – Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024, Pj bupati Lumajang beserta jajaran Forkopimda kabupaten Lumajang melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, sebagai salah satu dari rangkaian acara peringatan, Sabtu (17/08/2024) malam.

Tepat pukul 00.00 WIB, Pj bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) bersama forkopimda kabupaten Lumajang gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dipimpin langsung oleh Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf Ronny Wijaya Koesuma, acara berlangsung khidmat. Saat memimpin upacara, Dandim 0821 Lumajang membacakan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci, ditandai dengan lampu di sekitar TMP dipadamkan dan obor dinyalakan.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0821 menyampaikan bahwa Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan suatu penghormatan terhadap para pahlawan yang telah berjasa besar dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. “Saya tegaskan, generasi bangsa Indonesia tidak boleh melupakan jasa-jasa pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan terhadap Bangsa Indonesia”, tegasnya.

“Di TMP ini banyak para pahlawan dan para pejuang yang dimakamkan. Mulai dari TNI, Polri, tokoh pejuang hingga pahlawan yang tak dikenali namanya. Spirit perjuangan mereka merupakan inspirasi dan penyemangat bagi kita semua dalam rangka menjaga kemerdekaan serta membangun Bangsa Indonesia yang kita banggakan ini”, ungkap Ronny Wijaya.

Sementara itu, Pj bupati Lumajang usai mengikuti kegiatan apel menjelaskan, bahwa malam renungan suci merupakan tradisi rutin yang dilakukan menjelang peringatan Detik-Detik Proklamasi RI. Hal itu dilakukan untuk mengenang kembali jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah gugur demi merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurutnya, apel kehormatan ini penting, karena mampu menumbuhkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air. “Sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan yang telah gugur dan telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Mari kita berdoa agar para pahlawan kita mendapatkan tempat yang layak disisi Tuhan Yang Maha Esa”, pungkas Yuyun.

Peserta upacara terdiri dari Kodim 0821 Lumajang 27 personil, Batalyon Infanteri 527/BY 26 personil, Polres Lumajang 26 personil, Gabungan Korpri Kecamatan Lumajang 26 personil, serta siswa SMAN 1 Lumajang 26 personil. Sebagai penutup, Komandan upacara memimpin penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan. (Jwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close