Peristiwa

DPRD Kabupaten Gresik gelar rapat paripurna terkait Perubahan APBD 2024

GRESIK, DORRONLINENEWA.COM – DPRD Kabupaten Gresik kembali menggelar rapat paripurna. Kali ini, mereka menyampaikan Pendapat Fraksi terhadap jawaban bupati terkait Perubahan APBD 2024.

Seperti yang disampaikan Anggota Fraksi PDIP DPRD Gresik Jumanto. Pihaknya mengatakan Fraksi PDI Perjuangan berpendapat pembahasan sudah dilakukan dengan matang dan mempertimbangkan berbagai aspek.

“Meski begitu kami tetap merasa perlu untuk memberikan beberapa catatan dan penegasan sebagai berikut,” ungkap dia.

Pertama terkait optimalisasi Pendapatan Daerah. Pihaknya berharap agar Pemerintah Daerah segera menyusun rencana kerja yang lebih terperinci dan transparan, termasuk langkah-langkah strategis dalam meningkatkan PAD.

“Kami meminta agar Pemerintah Kabupaten Gresik lebih kreatif dan inovatif dalam menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ungkapnya.

Pasalnya, sampai saat ini masih tergantung pada pendapatan transfer yang dalam Rancangan PAPBD Tahun Anggaran 2024 sebesar 59,36 persen.

Kemudian terkait efisiensi anggaran dan good governance. Pihaknya mencatat adanya beberapa pergeseran, penambahan, dan pengurangan anggaran yang cukup signifikan.

“Kami meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pengelola Anggaran untuk mengacu pada prinsip efisiensi, efektivitas, dan disiplin anggaran yang tepat waktu serta tepat sasaran,” tandasnya.

Pihaknya juga mendorong agar APBD Perubahan 2024 tetap difokuskan pada beberapa aspek terkait Good Governance untuk melindungi masyarakat.

Kemudian, terkait target pendapatan yang dipatok begitu tinggi sebesar Rp 3,925 triliun, pihaknya berharap target tersebut bisa terpenuhi. Sehingga, tidak mengganggu belanja yang juga begitu tinggi.

“Seandainya memang target tidak terpenuhi, berharap belanja yang sifatnya wajib dan skala prioritas harus didahulukan,” pungkasnya.
(ADV/Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close